News1

Penggemar K-Pop sedang dihebohkan dengan kasus bullying yang dilakukan oleh Jimin AOA kepada mantan rekan satu grupnya, Mina. Lewat Instagram, Mina membeberkan bahwa Jimin telah mem-bully-nya selama 10 tahun terakhir. Perbuatan Jimin ini meninggalkan luka mendalam bagi Mina hingga beberapa kali berniat mengakhiri hidup.

Tapi sebelumnya sudah ada banyak bintang K-Pop yang menjadi korban bullying bahkan oleh rekan sesama grupnya. Berikut ini akan dibahas skandal-skandal bullying yang menimpa bintang K-Pop dan cukup menghebohkan publik. Salah satunya ada yang diklaim sebagai skandal bullying terbesar di industri K-Pop. Yuk simak berikut ini.

1. Mina Eks AOA Di-bully Jimin Selama 10 Tahun

10Asia

Pada 3 Juli 2020, Mina membuat postingan di Instagram yang berisi pengakuan bahwa dirinya di-bully oleh salah satu member AOA selama 10 tahun. Ia tak menyebutkan siapa member yang mem-bully-nya, tapi publik menduga sosok itu adalah Jimin yang tak lain adalah leader AOA. Tapi Mina akhirnya menyebut nama Jimin setelah sang leader menyindir di Instagram Story dengan menulis kata “fiksi” seiring dengan curhatan mantan rekan satu grupnya itu.

Mina pun terus mengekspose sikap-sikap Jimin selama 10 tahun terakhir yang membuat dirinya begitu tersiksa hingga memutuskan keluar dari AOA. Ia mengaku beberapa kali berniat bunuh diri karena sangat menderita dengan sikap Jimin. Mina juga mengunggah foto bekas luka di pergelangan tangannya. Situasi ini membuat member AOA mendatangi rumah Mina pada Jumat (3/7) kemarin, termasuk Jimin.

Dalam postingannya di Instagram, Mina mengatakan bahwa Jimin datang dan sempat marah dengan situasi yang ada. Jimin mengaku tidak ingat dengan semua perkataan dan sikapnya kepada Mina. Ia juga sempat mencari pisau dan mengatakan bahwa kematiannya mungkin akan membuat semuanya lebih baik. Tapi Mina kemudian mengatakan bahwa Jimin akhirnya bisa tenang dan meminta maaf atas semua tindakannya.

2. Rumor Hwayoung Di-bully Member T-Ara

Berbagai Sumber

Ini mungkin salah satu skandal bullying yang paling terkenal di kalangan penggemar K-Pop. Rumor dimulai sejak tahun 2012, di mana Hwayoung saat itu absen dalam konser T-Ara di Jepang karena cedera. Member T-Ara kemudian menuliskan cuitan di Twitter yang diduga menyindir Hwayoung karena absen di konser. Sejak saat itu fans mulai mencari momen-momen yang diduga sebagai “bukti” Hwayoung di-bully oleh member T-Ara.

Dari hasil penelusuran, fans menemukan “bukti” bahwa Hwayoung sering diacuhkan dan dipermalukan oleh member lain. Hwayoung pun akhirnya keluar dari T-Ara dan sempat menyinggung rumor bullying ini di acara TV bersama kembarannya, Hyoyoung. Tapi pada tahun 2017 mantan staff T-Ara mengungkap bahwa Hwayoung ternyata bohong soal cederanya saat konser Jepang tahun 2012.

Mantan staff itu menyebutkan Hwayoung memang terjatuh, tapi kakinya tidak bermasalah menurut keterangan dokter. Kendati begitu, Hwayoung justru memutuskan untuk pergi ke rumah sakit lain dan meminta kakinya untuk digips. Keputusan ini yang membuat member T-Ara kesal dan membuat sindiran di Twitter. Jadi selama ini Hwayoung telah membohongi publik tentang rumor dirinya di-bully oleh member T-Ara.

3. Jeon Somi Di-bully Karena Memiliki Wajah Blasteran

Berbagai Sumber

Di mata penggemar, Jeon Somi adalah salah satu bintang K-Pop yang memiliki wajah cantik karena merupakan blasteran Kanada dan Korea Selatan. Tapi siapa sangka wajah cantik Somi ini ternyata mengundang bully-an di masa SMP. Dalam acara survivalSixteen” yang tayang pada 2015 lalu, Somi mengaku sering di-bully karena wajahnya dianggap berbeda dengan kebanyakan siswa Korea di sekolahnya. Tapi kemudian Somi mengaku bisa bertahan dan berhasil melewati masa sulit itu.

4. Holland Di-Bully Saat SMA Karena Mengaku Gay

Naver

Holland adalah bintang K-Pop yang terang-terangan mengaku sebagai penyuka sesama jenis. Ia menyadari hal ini ketika duduk di bangku sekolah menengah. Meski sempat ragu, Holland akhirnya mengungkapkan rahasianya kepada salah satu sahabat di sekolah. Tapi sang sahabat justru membongkar rahasia itu hingga Holland menjadi sasaran bully selama 3 tahun berturut-turut.

Saat SMA, Holland mengaku ketakutan saat mengunjungi kantin saat istirahat karena sering di-bully. Pemilik nama asli Go Tae Seob itu bahkan pernah diseret di halaman sekolah oleh beberapa siswa sambil diikat lehernya. Mirisnya, saat itu banyak siswa yang hanya menonton Holland sambil menertawakannya. Ini tentu menjadi memori yang sangat menyakitkan bagi Holland.

5. Yoo In Na Di-Bully Karena Jadi Favorit Guru SMA

Berbagai Sumber

Yoo In Na juga menjadi sasaran bully saat masih duduk di bangku SMA karena disukai oleh guru. Di saat murid perempuan lain harus berambut pendek kala itu, Yoo In Na justru diizinkan memanjangkan rambut oleh guru karena sudah menjadi trainee sebuah agensi. Hal ini pun menimbulkan rasa iri di hati siswa lain yang akhirnya mem-bully aktris cantik itu.

Dalam acara “Moonlight Prince” KBS yang tayang pada Februari 2013, Yoo In Na menceritakan bahwa kursinya sering diganti dengan kursi rusak oleh murid lain. Mereka juga sering meninggalkan bekas makanan di meja Yoo In Na. Karena kejadian ini, Yoo In Na sering mendengarkan cerita murid yang menjadi korban bully di acara radionya. Ia mengaku sangat memahami perasaan mereka.

6. S#ARP, Skandal Bullying Terbesar di K-Pop Generasi Pertama

Koreaboo

Mungkin kalian kurang familiar dengan nama grup yang satu ini. S#ARP adalah grup co-ed pertama di Korea Selatan yang debut pada tahun 1998. Grup ini awalnya terdiri dari lima member, yakni Seo Ji Young, John Kim, Oh Hee Jong, Lee Ji Hye dan leader mereka, Jang Suk Hyun. Tapi John dan Oh Hee Jong keluar setelah merilis album pertama. Grup ini kemudian kedatangan anggota baru, yakni Chris dan Sori. S#ARP adalah bentukan keluarga Seo Ji Young yang saat itu menjadi salah satu keluarga terkaya di industri K-Pop.

Grup S#ARP terpaksa bubar di tahun 2002 karena skandal bullying yang melibatkan para membernya. Seo Ji Young yang disebutkan sering mem-bully Lee Ji Hye secara fisik dan verbal. Ia bahkan mengajak ibu dan pacarnya saat itu untuk ikut mem-bully teman satu timnya itu. Lee Ji Hye bahkan mengaku tak pernah satu mobil dengan member lain selama menjalani promosi bersama. Aksi bullying ini semakin buruk hingga akhirnya grup S#ARP bubar.

Skandal ini terbongkar setelah manajer S#ARP buka suara dalam jumpa pers bubarnya grup ini. Sang maanjer sebenarnya sudah disuap oleh Seo Ji Young untuk berbohong, tapi menolak hal itu dan memilih untuk mengungkap kebenaran. Lee Ji Hye, Seo Ji Young beserta ibu dan pacarnya pun harus menjelaskan skandal ini lewat jumpa pers yang digelar terpisah. Ini merupakan skandal bullying terbesar di K-Pop generasi pertama.

Ternyata banyak ya skandal bullying yang menimpa bintang K-Pop. Selain 6 cerita di atas, sebenarnya masih banyak skandal bullying yang diduga dilakukan oleh bintang K-Pop di masa lalu. Semoga skandal ini bisa menjadi pembelajaran untuk kita agar bisa terus menghargai orang lain.