Naver

Tak semua produksi drama Korea berjalan mulus. Sejumlah drama harus menghadapi situasi sulit terkait rating hingga terpaksa dipangkas jumlah episodenya. Ada juga drama-drama yang justru batal tayang karena menghadapi masalah di awal masa produksi. Di antaranya adalah lima drama yang akan kita bahas dalam artikel ini. Yuk langsung saja disimak ulasannya berikut ini.

1. “So I Married an Anti-Fan”

Naver

Drama komedi romantis yang dibintangi oleh Choi Tae Joon dan Sooyoung Girls’ Generation ini gagal tayang karena kesulitan menemukan stasiun televisi. Sempat diberitakan bahwa SBS akan menayangkan drama ini sekitar bulan Agustus atau September 2019. Namun kabar itu dibantah oleh SBS. “(Berita itu) tak berdasar,” tegas seorang sumber dari SBS pada April 2019.

Pihak produksi “So I Married an Anti-Fan” juga sudah pasrah dengan kondisi ini. “Jika drama ini gagal mendapatkan hak siar di stasiun televisi, maka yang tersisa hanyalah layanan OTT (Over the Top) seperti Netflix. Jika itu juga gagal terwujud, maka drama ini akan dihapus,” begitu bunyi keterangan dari pihak produksi yang disampaikan pada bulan November 2019.

Sementara itu, “So I Married an Anti-Fan adalah drama pra-produksi yang rencananya akan ditayangkan di 160 negara. Drama ini bercerita tentang hubungan asmara seorang idol K-Pop, Hoo Joon (Choi Tae Joon) dengan reporter majalah yang juga anti-fan bernama Lee Geun Young (Sooyoung).

2. “Prometheus”

Berbagai Sumber

Pada Juli 2018, Ha Ji Won dipastikan akan beradu akting dengan Jin Goo dalam drama “Prometheus“. Drama ini seharusnya menjadi proyek pertama yang diterima Ha Ji Won setelah kepergian sang adik pada Januari 2018. Tapi ia diketahui mundur dari proyek ini karena proses syuting yang terus ditunda sehingga membuat jadwalnya berantakan.

Tak lama setelah itu, MBC yang rencananya akan menayangkan drama ini pun mengumumkan hal mengejutkan. Di mana MBC menegaskan bahwa pihaknya tak lagi berencana untuk menayangkan drama ini. Setelah pengumuman ini, Jin Goo pun mengikuti jejak Ha Ji Won untuk mundur dari drama “Prometheus”.

Sementara itu, “Prometheus” bercerita tentang kasus ilmuwan senjata nuklir Korea Utara yang menghilang. Beberapa negara yang “berkepentingan” pun langsung terjun mengusut hilangnya sang ilmuwan. Korea Selatan sendiri mengirim tim yang terdiri dari seorang agen NIS (badan intelegen Korea) bernama Cha Eun Seo (Ha Ji Won) dan pembelot Korea Utara, Park Hoon untuk misi penyelamatan sang ilmuwan.

3. “School 2020”

Berbagai Sumber

“School 2020” seharusnya mulai tayang sekitar bulan Agustus 2020 dengan Kim Yo Han dan Ahn Seo Hyun sebagai bintang utamanya. Tapi produksi drama ini dihentikan karena konflik pihak produksi dengan ayah Ahn Seo Hyun. Pihak produksi menyebutkan bahwa ayah Ahn Seo Hyun menuntut hal-hal yang berlebihan. Namun pernyataan itu dibantah oleh agensi Ahn Seo Hyun.

Pihak produksi “School 2020” pun akhirnya mendepak Ahn Seo Hyun dan menggandeng Kim Sae Ron sebagai pengganti pemeran utama wanita. Tapi konflik ini tak berhenti di situ saja. KBS yang awalnya sudah setuju akan menayangkan drama ini tiba-tiba memberikan pernyataan lain. Stasiun televisi ini memutuskan untuk tak lagi menayangkan “School 2020”. Sejauh ini belum diketahui apakah ada stasiun televisi lain yang akan mengambil proyek ini.

4. “Four Sons”

Dispatch

Produksi drama “Four Sons” yang dibintangi oleh Park Hae Jin dan Nana After School ditangguhkan pada Mei 2018. Hal ini disebabkan oleh mundurnya PD Jang Tae Yoo (“My Love From the Star“) dari bangku sutradara serta kru drama yang mogok bekerja karena belum dibayar. Seiring dengan konflik ini, Nana pun akhirnya mundur dan digantikan oleh Lee Si Ah.

Kemudian Park Hae Jin juga menggugat perusahaan Victory Content yang bertanggung jawab atas produksi drama “Four Sons”. Gugatan ini dibuat karena Victory Content menuding agensi Park Hae Jin mengganggu produksi drama karena sang aktor menerima tawaran proyek drama lain pada Februari 2019. Namun gugatan ini dimenangkan oleh pihak Park Hae Jin.

Agensi Park Hae Jin mengatakan bahwa kontrak artisnya sudah berakhir dengan “Four Sons” saat menerima drama lain. “Menurut kontrak yang kami tandatangani dengan perusahaan produksi, kami sepakat untuk syuting (‘Four Sons’) hingga 31 Oktober 2018. Seharusnya tidak masalah dengan tampil dalam drama baru saat tanggal kontrak sudah berakhir,” ujar pihak agensi Park Hae Jin.

5. “Wolf”

Naver

Drama yang dibintangi oleh Eric Moon, Uhm Tae Woong, dan Han Ji Min ini tayang pada Januari 2006 dan seharusnya terdiri dari 16 episode. Sayangnya, “Wolf” dibungkus setelah menayangkan 3 episode pertama. Awalnya proses produksi drama ini hanya ditunda karena Eric dan Han Ji Min cedera setelah mengalami kecelakaan saat syuting.

Menurut manajer Eric, kecelakaan terjadi saat artisnya melakukan adegan penyelamatan bersama Han Ji Min. Eric diceritakan harus menyelamatkan Han Ji Min dari sebuah kecelakaan mobil. Seharusnya mobil itu berhenti tepat di depan Eric dan Han Ji Min. Tapi mobil itu tak berhenti dan menabrak dua bintang utama “Wolf” tersebut.

Kejadian ini membuat proses syuting ditunda berbulan-bulan. Rencananya, produksi “Wolf” akan dilanjutkan setelah kondisi para pemain pulih. Tapi pihak produksi justru terus menunda proses syuting hingga berakhir dengan dibungkusnya drama “Wolf”.

Itulah drama Korea yang gagal tayang di televisi. Wah enggak nyangka yah sejumlah drama Korea harus menghadapi kondisi menyedihkan seperti ini. Semoga ke depannya enggak ada lagi drama-drama yang mengalami berbagai krisis hingga akhirnya gagal ditayangkan.