Connect with us

Kdrama News

Rating Rendah, 7 Drama Ini Terpaksa Pangkas Jumlah Episode

Nur Khotimah

Published

on

Tidak semua drama disambut antusias saat ditayangkan di Korea Selatan. Sejumlah drama harus menelan kenyataan pahit bahwa judul mereka kurang diminati oleh penonton domestik dan mendapat rating rendah. Berbagai sikap pun diambil oleh pihak produksi drama yang mendapat rating rendah.

Sejumlah tim produksi drama mengabaikan perolehan rating dan mantap meneruskan proses syuting. Tapi tak sedikit juga yang mengambil langkah tegas dengan memangkas jumlah episode drama mereka. Bahkan ada drama yang awalnya terdiri dari ratusan episode lantas dipangkas menjadi hanya 27 episode karena ratingnya buruk.

Artikel ini akan membahas beberapa drama Korea yang terpaksa memangkas jumlah episodenya karena mendapat rating buruk. Padahal beberapa drama ini dibintangi oleh artis ternama seperti Song Ji Hyo, Park Shin Hye dan Jung Hae In loh. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. “Heartstrings”

MBC

Drama Park Shin Hye dan Jung Yong Hwa ini awalnya akan ditayangkan sebanyak 16 episode, tapi dipangkas menjadi 15 episode saja. Beredar rumor bahwa keputusan ini diambil karena rating “Heartstrings” rendah. Drama MBC ini meraup rating sekitar 5-6 persen per episodenya, cukup rendah untuk drama TV publik.

Alasan lain yang kabarnya membuat jumlah episode “Heartstrings” dipangkas adalah kecelakaan Park Shin Hye. Aktris cantik ini sempat dirawat di rumah sakit akibat kecelakaan dan sepertinya berimbas pada proses produksi. “Heartstrings” juga dirumorkan ditinggal oleh PD Pyo Min Soo yang pindah ke tim penulis naskah. Ia dikabarkan tak hadir di lokasi syuting selama beberapa hari sehingga membuat produksi drama terhambat.

2. “Mom is Acting Up”

MBC

Lagi-lagi MBC tak berhasil merebut hati penonton domestik lewat drama terbarunya. Setelah “Heartstrings” di tahun 2011, MBC kembali memangkas episode drama terbarunya di tahun 2012 yang berjudul “Mom is Acting Up”. Tak tanggung-tanggung, MBC memangkas episode drama ini dari 120 episode menjadi hanya 27 episode.

“Mom is Acting Up” bukannya tak menghadirkan bintang-bintang ternama. Ada Yoo Yeon Seok, Kim Sae Ron dan Kim Myung Soo alias L Infinite yang membintangi drama ini. Tapi ternyata ini tak menjamin “Mom is Acting Up” mendapat rating tinggi. MBC sendiri langsung menggarap proyek berikutnya setelah memangkas episode “Mom is Acting Up”.

3. “Love Frequency 37.2”

Rating yang rendah membuat drama MBC Every1 ini episodenya dipangkas dari 12 menjadi 6 episode. Padahal drama ini mengangkat tema yang cukup unik, yakni curhat cinta lewat radio. Dimana akan ada dua cerita cinta yang dihadirkan dalam setiap episode drama ini. Pemeran utama drama ini adalah Yoon Gun.

Secara singkat, drama ini menceritakan tentang DJ Captain (Yoon Gun) yang memiliki acara di stasiun radio underground bernama “Pirate Radio” yang frekuensinya 37.2 kHz. DJ Captain akan membacakan cerita yang dikirimkan oleh pendengar. Ia juga memberikan nasihat untuk pendengar di akhir acaranya. Memiliki gelar Ph.D Psikologi, nasihat DJ Captain tentu sangat bijak dan bermanfaat bagi pendengarnya.

4. “Ex-Girlfriends’ Club”

tvN

“Ex-Girlfriends’ Club” harusnya tayang sebanyak 16 episode. Tapi tim produksi terpaksa memotong jumlah episode drama ini karena ratingnya yang kurang menjanjikan. Drama Song Ji Hyo ini meraih rating tertinggi di awal penayangan, itu pun hanya sebesar 1,16 persen. Setelah episode perdana, rating drama tvN ini terus menurun.

“Ex-Girlfriends’ Club” bercerita tentang seorang produser di perusahaan film bernama Soo Jin (Song Ji Hyo). Ia terpaksa menggarap film dari webtoon karya Myeong Soo (Byun Yo Han) demi menyelamatkan perusahaan tempatnya bekerja. Nah, webtoon ini dibuat berdasarkan kisah nyata Myeong Soo dengan para mantannya. Alhasil, Soo Jin pun harus berurusan dengan Myeong Soo dan para mantannya selama pembuatan film.

5. “Moorim School”

KBS

Drama Lee Hyun Woo dan Seo Ye Ji ini awalnya akan menayangkan 20 episode. Tapi pihak produksi memutuskan untuk mengurangi episode drama ini menjadi 16 saja. Rating drama KBS ini hanya bertahan sekitar 3,5 persen hingga 5,1 persen. Rating ini termasuk rendah untuk drama yang tayang di stasiun TV publik.

Selain rating, pemangkasan jumlah episode drama ini diduga karena perselisihan antara KBS dan perusahaan produksi, JS Picture soal anggaran. Kabarnya pihak produksi meminta dana tambahan, tapi ditolak KBS. Hal ini membuat proses produksi “Moorim School” dihentikan sementara.

6. “Beautiful Mind”

KBS

Penggemar harus lebih cepat berpisah dengan drama “Beautiful Mind” yang awalnya akan tayang sebanyak 16 episode. Tapi di tengah penayangan, pihak produksi memutuskan untuk memangkas jumlah episode drama KBS ini menjadi 14 karena ratingnya rendah. Drama Jang Hyuk dan Park So Dam ini hanya bisa meraup rating sekitar 3,7 persen.

Kabarnya, sejak awal KBS sudah meminta penulis Kim Tae Hee untuk mengurangi drama ini menjadi 12 episode. Tapi permintaan itu ditolak oleh Kim Tae Hee karena terlalu mempengaruhi jalan cerita “Beautiful Mind”. Setelah berdiskusi dengan produser, akhirnya mereka memutuskan untuk memangkas “Beatiful Mind” menjadi 14 episode.

7. “A Piece of Your Mind”

tvN

Nama besar Jung Hae In ternyata tak bisa membuat “A Piece of Your Mind” meraih rating tinggi. Rating tertinggi drama ini hanya 2,4 persen, angka yang cukup rendah untuk acara TV kabel. Alhasil pihak produksi pun memutuskan untuk memotong jumlah episode drama ini menjadi 12. Awalnya drama tvN ini akan tayang sebanyak 16 episode.

Dalam pengumuman resminya, tvN berdalih bahwa pengurangan episode drama ini adalah untuk mempercepat alur cerita. “Untuk memenuhi harapan para penonton yang menyukai ‘A Piece of Your Mind’, kami memutuskan untuk mempersingkat drama menjadi 12 episode untuk mempercepat alur cerita,” begitu bunyi pernyataan tvN.

Nah itulah 7 drama yang harus mengurangi jumlah episodenya karena rating rendah. Ada favorit kalian enggak nih?

Pos-pos Terbaru

Sinopsis Drama

Review Film

Advertisement