Ilgan Sports

Debut di industri hiburan Korea Selatan bukan perkara mudah. Calon artis harus melalui tahapan ketat audisi hingga menjalani masa trainee yang cukup lama. Meski begitu, tak sedikit artis Korea yang bisa debut di usia muda. Mereka mengikuti audisi dan menjalani masa trainee dari usia yang benar-benar muda, sehingga bisa debut saat masih belasan tahun. Hal ini menjadi pencapaian tersendiri bagi para artis.

Tapi tak bisa dipungkiri bahwa tidak semua artis di Korea berkesempatan debut di usia muda. Sejumlah selebriti memilih untuk debut di usia puluhan tahun karena berbagai alasan, seperti yang akan kita bahas di artikel ini. Artis-artis yang “telat” debut di dunia akting ini juga sekarang sudah sukses dan terkenal.

1. Hwang Jung Eum

src: koreafirst

Hwang Jung Eum sebenarnya sudah debut pada tahun 2001, saat usianya masih 16 tahun. Tapi saat itu, Hwang Jung Eum debut sebagai idol K-Pop bersama girl group Sugar. Sayangnya Hwang Jung Eum memutuskan keluar dari Sugar dan bersolo karier pada tahun 2004. Ia kemudian banting setir sebagai aktris dan mulai debut di dunia akting pada tahun 2007 lewat drama “To My Love“. Saat itu Hwang Jung Eum berusia 22 tahun. Karier Hwang Jung Eum sebagai aktris pun terus bersinar sampai sekarang. Ia juga mengantongi banyak piala penghargaan berkat kemampuan aktingnya.

2. Min Hyo Rin

src: wowkeren

Min Hyo Rin resmi debut di dunia akting saat berusia 23 tahun lewat drama MBC yang berjudul “Triple“. Awalnya Min Hyo Rin debut sebagai model dan penyanyi. Tapi ia kemudian mencoba terjun terjun ke dunia akting. Ia terus mengasah kemampuan aktingnya hingga bisa membintangi berbagai judul drama dan film layar lebar.

3. Park Seo Joon

park seo joon beauty inside
park seo joon beauty inside src: giphy

Wajib Militer (Wamil) merupakan kewajiban bagi semua pria Warga Negara Korea Selatan, tak terkecuali para selebriti. Banyak selebriti yang pergi Wamil saat berada di puncak karier karena memang sudah debut di usia muda. Enggan hal ini terjadi, Park Seo Joon pun memilih untuk menyelesaikan Wamil sebelum resmi debut sebagai aktor. Meski akhirnya ia baru debut di usia 23 tahun. Park Seo Joon resmi terjun ke dunia akting lewat film “Perfect Game” yang tayang pada tahun 2011.

4. Lee Kwang Soo

src: kpopnews

Selain Park Seo Joon, Lee Kwang Soo juga memutuskan untuk menyelesaikan Wamil sebelum debut sebagai aktor. Lee Kwang Soo berangkat Wamil tak lama setelah menyelesaikan pendidikannya di SMA. Setelah Wamil, Lee Kwang Soo pun serius terjun ke dunia hiburan sebagai model dan akhirnya debut sebagai aktor di usia 23 tahun. Drama pertama Lee Kwang Soo adalah “Here He Comes” yang tayang pada tahun 2008. Karier Lee Kwang Soo pun terus bersinar. Selain drama, ia juga berhasil terjun ke dunia variety show dan mendapat banyak penghargaan.

5. Lee Sung Kyung

src: kpopklik

Lee Sung Kyung sebenarnya sudah terjun ke dunia hiburan Korea Selatan sejak usia 18 tahun. Tapi saat itu ia bukan debut sebagai artis, melainkan model. Setelah hampir 6 tahun menjadi model, Lee Sung Kyung memutuskan untuk mencoba peruntungan sebagai aktris. Ia pun memulai kariernya sebagai aktris lewat drama “It’s Ok, This is Love“. Sejak saat itu, nama Lee Sung Kyung terus diperhitungkan di dunia akting Korea Selatan. Ia berhasil membintangi berbagai judul drama dan film. Kemampuan akting Lee Sung Kyung pun diganjar banyak penghargaan.

6. Jung Hae In

src: koreanarea

Cerita yang cukup unik datang dari Jung Hae In. Ia ternyata mulai bermimpi menjadi aktor saat sedang menjalani Wamil. Mimpi itu pun segera diwujudkan oleh Jung Hae In begitu ia menyelesaikan Wamilnya. Jung Hae In debut di usia 26 tahun lewat drama “Bride of the Century” yang tayang pada tahun 2014. Karier Jung Hae In sebagai aktor pun terus naik. Tak jarang drama yang dibintangi Jung Hae In menjadi hits, salah satunya adalah “Something in the Rain“.

7. Sung Hoon

src: allkpop

Sung Hoon baru debut sebagai aktor di usia 26 tahun lewat “White Brown’s Because I Love You“. Ia “telat” debut bukan karena menyelesaikan Wamil seperti kebanyakan aktor, tapi lantaran ini bukan mimpi awalnya. Sung Hoon rupanya ingin menjadi perenang profesional sebelum mantap terjun ke dunia akting. Tapi ia mengalami cedera yang membuatnya terpaksa menghentikan kariernya sebagai perenang. Sejak saat itu Sung Hoon pun banting setir menjadi seorang aktor.

8. Jin Ki Joo

src: inikpop

Meski sekarang sudah memiliki nama besar di dunia akting, menjadi aktris sebenarnya bukan jalan awal yang dipilih oleh Jin Ki Joo. Aktris cantik ini awalnya bekerja sebagai karyawan Samsung SDS serta reporter stasiun televisi SBS. Ia akhirnya mulai tertarik untuk terjun ke dunia akting hingga berhasil debut sebagai aktris pada tahun 2015 lewat drama “Second 20’s“. Karier Jin Ki Joo sebagai aktris terus bersinar hingga mendapat berbagai penghargaan. Yang terbaru, ia berhasil menyabet piala Best New Artist dalam ajang Chunsa Film Arts Awards 2019 berkat aktingnya di film “Little Forest“.

9. Ahn Jae Hyun

src: kumparan

Ahn Jae Hyun terjun ke dunia hiburan Korea Selatan sebagai model pada tahun 2009. Ia kemudian memutuskan untuk terjun ke dunia akting pada tahun 2013 dengan membintangi drama “My Love From the Star“. Perannya sebagai adik Jun Ji Hyun dalam drama ini sukses mencuri perhatian dan membuka jalannya di dunia akting. Meski baru debut sebagai aktor di usia 26 tahun, jalan Ahn Jae Hyun di dunia akting cukup menjanjikan. Ia dilirik untuk membintangi banyak drama, seperti “You’re All Surrounded” hingga “Blood“.

10. Yoo In Na

src: allkpop

Sama seperti Min Hyo Rin, Yoo In Na juga sebenarnya menjalani trainee sebagai idol K-Pop. Ia sempat menjalani trainee selama 11 tahun di lima agensi yang berbeda untuk menjadi idol K-Pop. Tapi kemudian Yoo In Na terus mengalami kesulitan dalam mengingat gerakan koreografi. Tak ingin hal ini menghambat kariernya sebagai idol di masa depan, Yoo In Na pun mencoba peruntungan lain. Di tahun 2006, Yoo In Na bergabung dengan YG Entertainment sebagai aktris. Tiga tahun kemudian Yoo In Na berhasil debut sebagai aktris lewat sitkom “High Kick! 2“. Saat itu, Yoo In Na berusia 27 tahun.

Tidak ada kata terlambat untuk mengejar mimpi kan? Semoga cerita para selebriti di atas bisa memberikan inspirasi kalian untuk terus mengejar mimpi ya.