tvN

Gaya busana karakter-karakter di drama “It’s Okay Not To Be Okay” memang cukup mencuri. Terutama busana Go Moon Young (Seo Ye Ji) yang terkesan glamour dan gothic. Tapi tahukah kalian kalau busana yang dikenakan oleh Go Moon Young dan karakter lain di drama ini sebenarnya memiliki makna tersendiri?

Makna dari busana masing-masing karakter ini baru saja diungkap oleh Jo Sang Kyung selaku stylist utama drama “It’s Okay Not To Be Okay”. Lantas seperti apa sih makna di balik busana para karakter drama terbaru tvN ini? Langsung saja yuk simak penjelasan Jo Sang Kyung berikut ini.

1. Moon Gang Tae

Source: tvN

Jo Sang Kyung memilih kostum untuk karakter di drama ini sesuai dengan kisah masing-masing. Ia berharap penonton bisa melihat gambaran kehidupan sang karakter melalui kostum mereka. Termasuk kostum untuk karakter Moon Gang Tae yang diperankan oleh Kim Soo Hyun.

Karakter Moon Gang Tae diceritakan menjalani hidup yang keras bersama sang kakak yang menderita Autisme Spectrum Disorder, Moon Sang Tae. Untuk menggambarkan kepedihan hidup Moon Gang Tae, Jo Sang Kyung memilih busana yang sederhana dan simpel. Bahkan ia sengaja mencuci baju Moon Gang Tae untuk memberikan kesan usang.

“Penampilan dasar Moon Gang Tae adalah kaus melar yang dipadukan dengan celana korduroi tua. Ini sangat biasa dan sederhana,” kata Jo Sang Kyung tentang busana karakter Moon Gang Tae. “Aku bahkan mencuci kostumnya (Moon Gang Tae) dan membuatnya sedikit lapuk sehingga terkesan usang.”

2. Moon Sang Tae

Source: tvN

Karakter Moon Sang Tae yang diperankan oleh Oh Jung Se sering terlihat memakai kaus motif garis-garis. Kostum ini rupanya didapatkan oleh Jo Sang Kyung setelah melakukan penelitian. Busana motif garis-garis berhubungan dengan gangguan Autisme Spectrum Disorder yang diderita oleh Moon Sang Tae.

“Aku melihat beberapa seniman yang mengidap spektrum (Autisme Spectrum Disorder seperti Moon Sang Tae). Mereka cenderung menggunakan pola yang berulang dalam karya mereka,” kata Jo Sang Kyung. “Jadi untuk menyampaikan diagnosa penyakit karakter (Moon Sang Tae), aku memutuskan untuk mendandaninya dengan baju bermotif garis yang berulang.”

3. Go Moon Young

Source: tvN

Penampilan Go Moon Young (Seo Ye Ji) ternyata memiliki makna tersendiri. Jo Sang Kyung sengaja memilih kostum gothic dan ekstentrik untuk menyesuaikan dengan gaya sastra Go Moon Young yang “gelap”. Sementara kostum mewah Go Moon Young sejatinya digunakan untuk menutupi kelemahan yang disembunyikan oleh penulis populer ini.

Tapi Jo Sang Kyung membocorkan bahwa penampilan Go Moon Young akan berubah ke depannya. Perubahan ini terjadi seiring dengan berkembangnya hubungan asmara Go Moon Young dan Moon Gang Tae. Ia perlahan akan lebih sering memakai baju yang casual dan nyaman.

“Nantinya, Moon Gang Tae akan mulai memakai baju yang lebih berwarna. Sementara Go Moon Young akan mulai memakai baju yang lebih casual dan nyaman,” ujar Jo Sang Kyung memberi bocoran. “Perubahan dalam penampilan mereka akan terjadi seiring dengan hubungan keduanya yang semakin dekat.”

4. Nam Joo Ri

Source: tvN

Nam Joo Ri (diperankan oleh Park Gyu Young) diceritakan sebagai perawat yang memiliki karakter baik hati dan sangat perhatian dengan orang-orang di sekitarnya. Oleh karena itu, Jo Sang Kyung memilihkan kostum yang menggambarkan kehangatan untuk karakter Nam Joo Ri.

“Pakaian Nam Joo Ri terdiri dari warna-warna yang menciptakan suasana nyaman. Itu untuk menggambarkan kepribadiannya yang naif dan lembut,” beber Jo Sang Kyung. “Dalam sebuah adegan, dia (Nam Joo Ri) pernah mengenakan kemeja warna lavender yang dipadukan dengan jaket merah. Mungkin ini gambaran paling akurat dari karakternya yang cantik dan berhati hangat.”

5. Seragam Petugas Medis di Rumah Sakit Jiwa

Source: tvN

Selain kostum para karakter utama, Jo Sang Kyung juga mengungkap makna dari seragam petugas medis Rumah Sakit Jiwa OK yang menjadi tempat kerja Moon Gang Tae. Seragam petugas medis yang terdiri dari warna-warna pastel ternyata bertujuan untuk mengubah kesan publik tentang rumah sakit jiwa. Karena selama ini rumah sakit jiwa identik sebagai tempat yang menakutkan.

“Drama ini mencoba menjelaskan bahwa rumah sakit jiwa adalah tempat yang sehat dan menyembuhkan, bukan tempat yang menakutkan,” jelas Jo Sang Kyung “Dengan memberikan seragam petugas medis yang berwarna pastel, aku bertujuan untuk melembutkan suasana rumah sakit secara keseluruhan.”

Nah itulah ulasan makna di balik busana para karakter di drama “It’s Okay Not To Be Okay”. Ternyata sang stylist enggak sembarangan ya menentukan kostum Moon Gang Tae dan kawan-kawan.