YouTube

Banyak hal yang diperhatikan oleh musisi Korea setiap kali akan meluncurkan karya baru. Selain pemilihan lagu, para musisi juga disibukkan dengan persiapan konsep album, pemotretan album hingga pembuatan Music Video alias MV untuk lagu utama comeback mereka.

MV memang merupakan salah satu elemen penting dalam periode comeback sang musisi. Tak heran jika banyak agensi yang rela merogoh kocek dalam untuk membuat MV comeback artis mereka. Bahkan ada yang sampai menghabiskan biaya belasan miliar rupiah untuk membuat video klip.

Nah, berikut ini akan dibahas sejumlah MV idol K-Pop yang menghabiskan biaya fantastis dalam pembuatannya. Biaya fantastis itu dianggarkan untuk berbagai hal demi menunjang kualitas MV sang idol. Penasaran MV apa saja yang menelan biaya super mahal? Yuk simak berikut ini.

1. Big Bang “Love Song” – Rp 2,8 Miliar

Big Bang dikenal sebagai salah satu grup idol K-Pop yang banyak menggunakan efek spesial hingga teknik syuting inovatif untuk MV mereka. Tak heran jika grup besutan YG Entertainment ini sering menghabiskan biaya fantastis untuk setiap MV. Tapi MV Big Bang yang kabarnya paling mahal adalah MV “Love Song”.

Meski terkesan minimalis karena hanya dibuat dalam warna hitam dan putih, MV “Love Song” menghabiskan dana hingga 200 ribu USD atau sekitar Rp 2,8 miliar. Pasalnya, kru produksi sengaja membuat dua landasan pacu pesawat untuk MV “Love Song” ini. Mereka juga menggunakan teknik syuting yang paling canggih saat itu.

2. Trouble Maker “Trouble Maker” – Rp 2,9 Miliar

Urutan MV termahal kedua dipegang oleh MV “Trouble Maker” milik duo besutan Cube Entertainment, Trouble Maker. MV ini menghabiskan dana sebesar 210 ribu USD atau sekitar Rp 2,9 miliar dalam pembuatannya. Bukan hanya efek spesial, kostum mewah HyunA dan Hyunseung untuk MV ini sepertinya juga membutuhkan budget  besar.

3. AOA “Like A Cat” – Rp 3,5 Miliar

MV “Like A Cat” yang dirilis pada November 2014 menyuguhkan visual dan set lokasi yang menarik. Dalam video itu, member AOA menjadi mata-mata seksi. Mereka juga diketahui berganti beberapa kostum seksi dalam video klip tersebut. Secara keseluruhan, MV AOA ini menghabiskan dana 250 ribu USD atau sekitar Rp 3,5 miliar.

4. EXO “Mama” – Rp 3,8 Miliar

SM Entertainment tak mau setengah-setengah dalam mempersiapkan debut EXO pada tahun 2012. Terbukti, salah satu agensi terbesar Korea Selatan itu rela merogoh kocek dalam-dalam untuk pembuatan MV debut EXO berjudul “Mama”. Kabarnya MV debut EXO ini menghabiskan biaya 270 ribu USD atau sekitar Rp 3,8 miliar.

MV “Mama” ini dibuat dalam dua versi, yakni versi Korea dan Mandarin. Pasalnya EXO terdiri dari EXO-K (Korea) dan EXO-M (Mandarin). MV ini memakai efek khusus untuk menggambarkan kekuatan spesial para member EXO. Tak heran ya kalau MV ini menelan biaya yang cukup mahal.

5. Mamamoo “Decalcomanie” – Rp 4,3 Miliar

Video musik yang indah ini menampilkan member Mamamoo dalam beberapa kostum yang cantik. Mereka juga menggunakan beberapa lokasi mewah dalam MV tersebut. Tak heran jika MV “Decalcomanie” milik Mamamoo menghabiskan biaya mahal. Kabarnya, MV ini menghabiskan dana hingga 300 ribu USD atau sekitar Rp 4,3 miliar. Dana itu sudah termasuk bayaran untuk model utama pria MV ini.

6. Super Junior “Devil” – Rp 4,3 Miliar

SM Entertainment kembali menunjukkan totalitasnya dalam mendukung karya artisnya. Agensi ini menggelontorkan dana besar untuk memproduksi MV “Devil” milik Super Junior. Video klip yang dirilis pada Juli 2015 ini kabarnya menghabiskan biaya sebesar 300 ribu USD atau sekitar Rp 4,3 miliar.

Biaya ini agaknya cukup wajar mengingat MV “Devil” dikemas layaknya film action. Banyak adegan aksi yang tentu membutuhkan banyak biaya dalam video ini. Sebut saja aksi kejar-kejaran mobil, perjudian hingga rutinitas tarian jalanan ala West Side Story. Video ini juga menampilkan adegan ledakan api yang terlihat sangat nyata.

7. 2NE1 “Come Back Home” – Rp 7,1 Miliar

Video klip “Come Back Home” milik 2NE1 kabarnya menghabiskan dana sebesar 500 ribu USD atau sekitar Rp 7,1 miliar. Hal itu lantaran kru produksi menggunakan efek khusus untuk memaksimalkan konsep futuristik yang diusung oleh MV “Come Back Home”. Konsep ini juga membutuhkan set besar serta kostum dengan detail ekstra. Tak heran jika akhirnya MV ini menghabiskan biaya yang sangat fantastis. Tapi biaya ini sepadan dengan hasil video klip yang sangat memanjakan mata.

8. Infinite “Destiny” – Rp 12,7 Miliar

Infinite kabarnya menghabiskan biaya sebanyak 900 ribu USD atau sekitar Rp 12,7 miliar untuk membuat video klip “Destiny”. Budget besar ini dibutuhkan lantaran Infinite melakukan syuting di Amerika, termasuk di Universal Studio Amerika. MV ini juga dibuat dalam versi A dan B sehingga membutuhkan biaya ekstra dalam produksinya.

9. BAP “One Shot” – Rp 12,9 Miliar

BAP memanjakan para BABY (nama fandom BAP) dengan merilis MV “One Shot” pada Desember 2013. Tak sekedar video klip, MV ini dibuat layaknya film aksi dengan misi penyelamatan yang sempurna. Ada banyak adegan yang melibatkan kapal, pesawat, perampokan bersenjata hingga perang antar geng yang menegangkan dalam video tersebut. Untuk membuat MV apik ini, kabarnya pihak produksi harus merogoh kocek hingga 910 ribu USD atau sekitar Rp 12,9 miliar.

10. T-ARA “Cry Cry” & “Lovey Dovey” – Rp 14,2 Miliar

Daftar ini ditutup dengan dua MV milik girl group T-ARA, yakni “Cry Cry” dan “Lovey Dovey”. Biaya yang dihabiskan untuk membuat dua MV ini adalah sekitar 1 juta USD atau sekitar 14,2 miliar. MV “Cry Cry” dibuat layaknya drama Korea singkat dengan menggandeng aktor Cha Seung Won sebagai bintang utama. Cerita dalam MV “Cry Cry” berlanjut di MV “Lovey Dovey”.