Connect with us

Kdrama News

Deretan Drama Korea Ini Ternyata Dibuat Berdasarkan Kisah Nyata Loh

Nur Khotimah

Published

on

Bicara soal film yang terinspirasi dari kisah nyata tentu sudah tak asing bukan? Tapi kalau drama yang dibuat berdasarkan kisah nyata? Hmm sepertinya masih cukup jarang ditemui. Biasanya drama-drama Korea mengangkat kisah fiksi dan kadang tidak masuk akal.

Yap, sejumlah drama Korea dibuat berdasarkan tokoh atau kejadian nyata, bukan semata-mata berasal dari khayalan dan imajinasi penulisnya. Mulai dari kisah nyata di zaman kolosal hingga kasus pembunuhan berantai yang tak terpecahkan pernah diangkat menjadi ide utama sebuah drama.

Apa saja drama-drama Korea yang diangkat dari kisah atau tokoh nyata? Yuk langsung kita bahas berikut ini.

1. “Queen For Seven Days”

Yang pertama adalah drama yang dibintangi oleh Park Min Young. Seperti judulnya, “Queen For Seven Days” dibuat berdasarkan kisah nyata salah satu ratu di zaman Joseon yang hanya 7 hari bertahta. Ia adalah Ratu Dangyeong, istri dari Raja Jungjong. Ratu Dangyeong dilengserkan setelah 7 hari bertahta karena sang ayah menentang pemerintahan Raja Jungjong. Ayah Ratu Dangyeong adalah pendukung Raja Yeonsangun, raja yang memerintah sebelum Raja Jungjong. Ratu Dangyeong dituding terlibat dalam pengkhianatan sang ayah sehingga diasingkan seumur hidup. Ia bahkan dikisahkan meninggal tanpa didampingi keluarga.

2. “Reply 1988”

“Reply 1988” menampilkan detail yang menarik untuk beberapa peristiwa yang terjadi pada saat itu. Seperti misalnya detail pagelaran 88 Olimpiade di Korea. Drama tvN ini juga menampilkan gambaran sempurna tentang kehidupan rata-rata remaja di akhir tahun 1980-an. Kemudian yang cukup menarik lagi adalah karakter Choi Taek yang benar-benar terinspirasi oleh pemain Baduk bernama Lee Changho. Di mana Lee Changho terkenal di usia 13 tahun karena keahliannya bermain Baduk.

3. “My Wife Is Having An Affair This Week”

“My Wife Is Having An Affair This Week” adalah remake seri Jepang yang dibuat berdasarkan kisah nyata. Seri yang ditulis oleh Tomoko Yoshida itu bercerita tentang postingan seorang pria di forum online yang cukup mencuri perhatian. Di mana pria itu menuliskan pertanyaan “Istri saya berselingkuh minggu ini. Apa yang harus saya lakukan?”. Pertanyaan ini yang kemudian menginspirasi sang penulis untuk membuat cerita seri tersebut dan akhirnya di-remake menjadi versi Korea.

4. “Hwarang”

Kalau yang satu ini terinspirasi dari tokoh nyata, yakni Hwarang. Hwarang adalah kelompok masyarakat di masa periode Silla yang cukup penting. Kelompok yang terdiri dari pemuda elit itu bertujuan mempersiapkan mereka untuk menjadi politisi dan administrator berpendidikan tinggi. Hal ini juga sangat digambarkan dalam drama yang dibintangi oleh Park Seo Joon, Go Ara dan Park Hyung Sik ini.

5. “Signal”

Mungkin drama ini mengangkat karakter fiksi yang bisa berhubungan dengan karakter lain di masa lalu untuk memecahkan kasus. Tapi tahukah kamu bahwa beberapa kasus dalam “Signal” memang benar-benar pernah terjadi di Korea Selatan? Ya, salah satu episode “Signal” terinspirasi dari kasus pembunuhan berantai Hwaseong dan penculikan bocah bernama Park Chorong Bitnari. Kasus pembunuhan berantai Hwaseong bahkan masih menjadi misteri sampai sekarang dan pelakunya belum tertangkap. Produser berharap dengan diangkatnya tema ini menjadi drama, publik tak melupakan kejadian itu dan tak akan terulang lagi.

6. “Empress Ki”

Mungkin kisah asmara di drama ini hanya fiksi belaka, tapi tidak dengan tokoh utamanya. Permaisuri Ki memang benar-benar ada dan kisahnya cukup terkenal di Korea. Ki lahir pada era dinasti Goryeo tetapi kemudian dikirim ke Mongol Yuan sebagai selir kaisar. Ia kemudian menjadi ratu dan akhirnya menyerang Korea dibantu pasukan Yuan. Hal ini membuat beberapa orang menyebutnya pengkhianat karena mencoba menyerang negaranya sendiri. Meskipun di sisi lain, ada juga yang tetap menganggapnya ratu Korea yang tinggal di Yuan.

7. “Six Flying Dragons”

Drama ini bercerita tentang kisah enam orang di akhir Dinasti Goryeo. Dari enam orang ini, tiga diantaranya adalah tokoh asli. Mereka adalah Lee Bang Won (Yoo Ah In), Jeong Do Jeon (Kim Myung Min), dan Lee Seong Gye (Chun Ho Jin). Lee Bang Won adalah karakter utama yang kemudian menjadi raja ketiga di dinasti Jeseon. Ia menjadi raja setelah membantu sang ayah, Raja Taejo membangun dinasti ini.

Pos-pos Terbaru

Sinopsis Drama

Review Film

Advertisement