Connect with us

Kdrama News

8 Drama Korea Ini Endingnya Dianggap Mengecewakan, Setuju?

Nur Khotimah

Published

on

Penggemar tak pernah ragu meluangkan waktu untuk menonton setiap episode dari drama favorit. Mereka berharap apa yang diluangkan untuk drama itu akan “terbayar” dengan akhir cerita yang memuaskan. Bukan sekedar happy ending, tapi mungkin akhir cerita yang bisa menjawab semua teka-teki drama itu. Syukur-syukur bisa sesuai dengan ekspektasi kita selama menonton hehe.

Tapi, tak semua drama bisa menyuguhkan ending yang bagus. Beberapa drama bahkan dianggap memiliki ending yang mengecewakan oleh para penggemarnya. Misalnya karena akhir cerita yang tidak jelas atau terlalu menyedihkan untuk penggemar yang sudah mengikuti kisahnya sejak awal.

Drama-drama apa saja yang dianggap memiliki ending mengecewakan? Simak ulasannya berikut ini.

1. “Lovers In Paris” (2004)

Asian Wiki

Penulis Kim Eun Sook yang terkenal berkat kepiawaiannya menulis naskah “Goblin” hingga “Descendants of the Sun” ternyata pernah dikritik di awal karier. Kritikan ini diberikan karena Kim Eun Sook dianggap memberikan akhir cerita yang mengecewakan untuk drama “Lovers In Paris”. Di episode terakhir, Gang Tae Young (Kim Jung Eun) sebagai karakter utama terlihat sedang menulis khayalan romantisnya. Ini membuat penafsiran ambigu, apakah selama ini cerita manis si tokoh utama nyata atau tidak. Alhasil Kim Eun Sook pun menuai kritikan dari fans drama internasional dan netizen Korea.

2. “What Happened In Bali” (2004)

Hancinema

Lee Soo Jung (Ha Ji Won) dikisahkan meninggalkan Jung Jae Min (Jo In Sung) di episode terakhir drama ini meski sangat mencintainya. Ia memutuskan untuk ke Bali bersama Kang In Wook (So Ji Sub). Kecewa dengan hal ini, Jung Jae Min menyusul Lee Soo Jung serta Kang In wook dan membunuh mereka. Jung Jae Min pun bunuh diri setelah tahu bahwa dirinya lah yang selama ini sangat dicintai oleh Lee Soo Jung. Pengakuan itu disampaikan Lee Soo Jung tepat sebelum meninggal karena ditembak Jung Jae Min. Akhir kisah cinta rumit ini dianggap mengecewakan dan terlalu menyakitkan untuk para penggemar.

3. “Marry Him If You Dare” (2013)

Asian Wiki

Cinta segitiga yang serius antara Na Mi Rae (Yoo Eun Hye), Park Se Joo (Jung Yong Hwa) dan Kim Shin (Lee Dong Gun) disajikan dengan apik sejak awal drama ini tayang. Penonton dibuat penasaran dengan siapa yang akhirnya dipilih oleh Na Mi Rae. Tapi sayang, pertanyaan ini tidak dijawab di akhir drama KBS tersebut. Sebenarnya wajar jika sebuah drama akhir terbuka dan membiarkan penonton menentukan sendiri akhirnya. Tapi sejumlah penggemar menganggap bahwa akhir seperti itu kurang pas untuk drama ini. Mereka yang sudah meluangkan 16 jam untuk menonton drama ini kecewa karena tidak mendapatkan penutupan jelas.

4. “Cheese in the Trap” (2015)

Asian Wiki

Banyak penggemar punya ekspektasi tinggi atas drama ini. Pasalnya, cerita “Cheese in the Trap” yang diadaptasi dari webtoon hits dibangun dengan sangat kuat sejak awal. Tapi menjelang akhir, penggemar justru dibuat kecewa lantaran pemeran utamanya yang bernama Yoo Jung (Park Hae Jin) menghilang di tengah-tengah seri. Kemudian second lead drama ini, Baek In Ho (Seo Kang Joon) berubah terlalu menonjol setelah menghilangnya Yoo Jung. Hal ini membuat jalan ceritanya canggung dan berakhir menggantung.

5. “Reply 1988” (2015)

Hancinema

Mungkin ending drama ini tak mengecewakan untuk #teamTaek, tapi sangat disayangkan oleh #teamJunghwan. Bagaimana tidak, Jung Hwan alias Jung Pal (Ryu Jun Yeol) tidak bisa menikahi Deok Sun (Hyeri Girl’s Day). Padahal selama penayangan drama ini, penonton dibuat terkesima dengan rasa cinta dan perhatian Jung Pal ke Deok Sun. Tapi di akhir, Deok Sun justru menikah dengan Taek (Park Bo Gum). Eits, tapi penggemar “Reply 1988” bisa tetap berbahagia nih karena Hyeri dan Ryu Jun Yeol ternyata beneran pacaran di dunia nyata.

6. “Lookout” (2017)

Asian Wiki

“Lookout” adalah drama genre action-thriller yang bercerita tentang kelompok yang mencari keadilan hukum. Kelompok ini terdiri dari seorang jaksa, mantan detektif, serta hacker. Drama ini sangat menarik, tapi akhir ceritanya dianggap kurang memuaskan. Pasalnya jaksa Jang Do Han (Kim Young Kwang) dibuat meninggal di akhir cerita. Sejumlah penggemar berharap akhir drama ini tidak ditutup dengan kematian pemeran utama yang sudah berjasa. Mereka mengklaim karakter Jang Do Han layak mendapatkan ending yang lebih baik.

7. “Memories of the Alhambra” (2018)

Asian Wiki

Drama bergenre fantasi romantis ini mengusung konsep game AR (Augmented Reality). Di mana Jung Se Joo (Chanyeol EXO) lah yang membuat game AR dalam drama ini. Game tersebut ternyata membuat Yoo Jin Woo (Hyun Bin) kewalahan karena menjalani dua kehidupan, yaitu kehidupan di dunia nyata dan dunia game. Akhir drama ini menampilkan Jung Se Joo yang muncul seolah tak terjadi apa-apa setelah mengacaukan game buatannya hingga membuat Yoo Jin Woo menghilang. Sedangkan nasib Yoo Jin Woo tidak dijelaskan di akhir cerita.

Bagaimana ulasan drama dengan ending mengecewakan versi Soompi ini? Apakah kalian setuju dengan pendapat soal akhir drama-drama di atas?

Pos-pos Terbaru

Sinopsis Drama

Review Film

Advertisement