salad buah
salad buah

Pandemi coronavirus atau COVID-19 yang melanda dunia membuat pemerintah negara harus menerapkan lockdown kepada masyarakat untuk menekan penyebaran virus corona. Hal ini tentu saja membuat banyak orang harus berdiam diri di rumah, bahkan bekerja dan proses belajar mengajar pun dilakukan di rumah.

Di negara Indonesia sendiri, meskipun pemerintah sudah menerapkan new normal, namun kurva jumlah korban terinveksi tidak kunjung menurun. Oleh karena itu, aktivitas pun masih dianjurkan untuk dilakukan dari dalam rumah jika memang urgency-nya tidak terlalu tinggi.

Harus berada di rumah dalam waktu yang cukup lama kadang terasa membosankan. Nggak sedikit yang mengeluh, tapi banyak juga yang sudah mulai terbiasa dengan kondisi seperti sekarang ini. Banyak hal positif dilakukan untuk mengusir rasa bosan, mulai dari olahraga, bisnis baru, dan  memasak.

Ngomongin soal masakan, ada lima resep masakan sehat yang bisa kamu siapkan agar keluarga jadi lebih betah di rumah. Mau tau ada menu makanan sehat apa aja?

  1. Tumis tahu

Tahu adalah salah satu makanan tradisional favorit masyarakat Indonesia terbuat dari kacang kedelai, jadi nggak perlu diragukan lagi kan kesehatannya? Kamu bisa mencoba memasak tahu yang sehat dengan menumis beberapa bumbu alami. Cara membuatnya cukup praktis, pertama yaitu rebus atau panggang tahu untuk kemudian menumisnya dengan bumbu. Bumbu alami yang bisa digunakan seperti bawang putih, bawang merah, garam, gula, merica, kunyit, tomat, dan kecap. Tumis semua bumbu hingga halus, kemudian masukkan tahu yang sudah direbus dan aduk hingga merata. Voila, tumis tahu siap disantap!

  1. Gado-gado
    Menu makanan sehat ini pasti udah nggak asing lagi di telinga kamu. Untuk menyiapkan gado-gado yang bersih dan sehat, kamu bisa membuat menu gado-gado sendiri di rumah. Cara pembuatannya cukup mudah, kamu cuma perlu menyiapkan beberapa macam sayuran, seperti wortel, kubis, selada, kangkung, mentimun, tauge, tahu, tempe, dan bahan lainnya. Setelah semua bahan siap, potong dan rebus sayuran.

gado-gado

Untuk bumbu gado-gado, kamu bisa mencari bumbu kacang instan di minimarket hingga supermarket. Kemudian haluskan di atas cobek atau siram dengan menggunakan air panas. Gado-gado pun siap dihidangkan.

  1. Tumis kangkung
    Sebagai salah satu sayuran yang mudah ditemui di mana aja, kangkung jadi menu makanan yang nggak pernah terlewatkan oleh masyarakat Indonesia. Sayuran ini bisa kamu temukan secara mudah di warung, pasar tradisional, supermarket, hingga penjual sayuran keliling.

Untuk membuat tumis kangkung bahan dan prosesnya pun nggak terlalu sulit. Kamu hanya perlu menyediakan bawang putih, bawang merah, cabai, garam, dan saus tiram. Pertama, kamu tinggal menumis semua bumbu, masukkan ke dalam penggorengan. Setelah itu, masukkan kangkung yang telah dicuci bersih, lalu tambahkan sedikit air. Tumis sebentar sayur kangkung hingga layu, lalu sajikan dalam keadaan masih hangat. Nyuuuumy

  1. Salad buah dan sayur
    Buat kamu pecinta makanan sehat, pastinya udah nggak asing lagi sama yang satu ini, salad! Berbagai jenis varian salad bisa kamu buat dengan mudah di rumah, mulai dari salad buah, salad sayur, atau campuran keduanya.

Untuk membuat salad bahan yang perlu kamu siapkan pun nggak ribet, untuk membuat salad buah kamu bisa pilih buah-buahan yang paling kamu suka, mulai dari apel, melon, anggur, pepaya, sampai buah naga. Sedangkan untuk salad sayur, kamu bisa pilih tomat, jagung, telur rebus, selada, kol ungu, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menambahkan daging ayam dada, ikan salmon, hingga daging sapi di atas salad sayur kamu untuk menambah cita rasanya. Rasanya yang lezat tentunya membuat kamu selalu sehat setiap hari karena konsumsi makanan berserat tinggi.

  1. Shiratakiaglio e olio

Pengen makan agilo e olio tapi yang versi nggak banyak karbo? Jangan khawatir, kamu bisa membuat jenis pasta ini dengan menggunakan mie shirataki atau mie jepang. Untuk membuat aglio e olio, bahan yang dibutuhkan cukup mudah, mulai dari olive oil, udang kupas, bawang bombay, bawang putih, garam, black pepper, dan lainnya. Tambahkan jamur kancing sebagai topping untuk menambah rasa kenyang.

Demikian beberapa menu yang bisa kamu buat di rumah dengan mudah dan pastinya menyehatkan untuk tubuh. Jangan lupa untuk tetap berolahraga dan siapkan perlindungan untuk keluarga yang kamu cintai. Perlindungan tersebut bisa kamu sediakan melalui asuransi kesehatan dari Qoala Insurtech sehingga kesehatan keluarga kamu jadi lebih terlindungi secara maksimal. Selamat mencoba, ya!