kelebihan kain sutra
kain sutra digunakan oleh idol kpop

Tidak ada kain yang begitu disukai dan semewah daripada sutra. Dari permaisuri Cina hingga kaum bangsawan Romawi, sutra telah dikenal sebagai kain berkualitas yang diperdagangkan selama ribuan tahun. Jalur perdagangannya terbentang antar benua dan menjadi komoditas berharga bahkan hingga saat ini.

Lalu mengapa sutra menjadi kain yang sangat berharga? Hal ini terjadi karena Sutra memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh kain jenis lainnya. Karakteristik sutra ini tak lekang oleh waktu sehingga tetap memiliki nilai yang tinggi.

Alasan mengapa Kain Sutra begitu Berharga

1. Kain Sutra Ini Secara Alami Hypoallergenic

Tahukah kamu bahwa kain sutra itu bersifat hypoallergenic, ini artinya kain ini tidak menyebabkan reaksi alergi dan iritasi. Oleh karena itu Sutra menjadi pilihan yang cocok dikenakan oleh penderita asma, penderita alergi, dan juga kulit sensitif. Sutra dapat membantu untuk mengurangi sensitifitas, karena sutra secara alami mencegah beberapa alergen paling umum di dunia, seperti tungau, debu dan jamur.

Bahan Kain Sutra berasal dari kepompong yang dipintal oleh ulat sutera. Kepompong tersebut secara alami dirancang untuk melindunginya dari predator dan bahaya lain, seperti tungau dan pertumbuhan jamur. Sutra utamanya terdiri dari protein yang disebut sericin, bahan ini secara organik mengusir banyak alergen. Sutra juga tahan terhadap pertumbuhan lumut, dan jamur, yang merupakan penyebab umum iritasi bagi kita.

Selain menjadi yang paling hipoalergenik dari semua kain, sutra juga tidak akan mengiritasi kulit sensitif. Sutra sangat bagus untuk menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dengan baik. Kain sutra memiliki sifat isolasi, yang menjaga kelembapan sehingga bisa mengurangi hilangnya kelembapan kulit. Serat sutra juga memiliki tekstur yang sangat halus, sehingga sutra tidak akan menggesek dan mengiritasi kulit.

Baca Juga :  5 Bahan Aman dan Alami untuk Atasi Gigi Berlubang

Ini adalah beberapa alasan utama mengapa sarung bantal sutra dan masker tidur menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Tidur di atas sutra dapat membuat kita lebih lelap karena tetap terhidrasi. Sementara Kain seperti katun cenderung menyerap kelembapan dari kulit sehingga membuat kulit kering.

kepompong ulat sutra
berasal dari kepompong ulat sutra

2. Kain Sutra Dapat Didaur Ulang dan Biodegradable

Produk fashion merupakan penyumbang utama dalam pemanasan global. Pakaian yang terbuat dari bahan sintetis umumnya tidak dapat didaur ulang atau terurai secara alami sehingga berakhir di tempat pembuangan sampah di seluruh dunia. Pakaian di tempat pembuangan sampah melepaskan metana, gas rumah kaca yang berbahaya.

Pakaian yang terbuat dari serat alami seperti sutra memiliki kelebihan diantaranya lebih tahan lama dan dapat didaur ulang sehingga memiliki dampak lingkungan yang rendah. Sutra sangat mudah terurai secara alami atau bersifat biodegradable karena dapat diurai oleh bakteri seiring waktu.

Diperlukan waktu sekitar 1 hingga 5 tahun agar kain yang terbuat dari sutra terurai 100%. Ini jauh lebih cepat daripada waktu yang dibutuhkan oleh tekstil sintetis. Poliester, misalnya, membutuhkan waktu hingga 200 tahun untuk terurai. Poliester sering digunakan untuk membuat sutra imitasi, yang dipasarkan sebagai ‘satin’.

Baca Juga :  Jangan Takut Bongkar Kendaraan Sendiri, Ini Cara Mudah Menghilangkan Oli pada Pakaian

3. Sutra Menghangatkan saat Dipakai

Kamu mungkin tidak menyangkanya, ini karena sutra pada kenyataanya adalah salah satu serat alami yang paling bisa mengisolasi panas tubuh. Ini artinya pakaian sutra bagus untuk membuat kita tetap hangat.

Sutra adalah kain yang sangat tipis dan padat sehingga tetap nyaman dikenakan bahkan jika dipakai di bawah pakaian yang paling ketat, seperti skinny jeans dan legging. Hal ini membuat pakaian sutra menjadi pakaian dalam yang sempurna saat melapisi pakaian di musim dingin agar tetap hangat. Sebagai manfaat tambahan, pakaian sutra juga cocok untuk bepergian, karena hampir tidak memakan tempat, juga memiliki berat yang ringan.

dasi kain sutra
dasi kain sutra

4. Sutra Tetap Dingin di Musim Panas

Nah ini adalah keistimewaan kain sutra lainnya, Selain membuat tetap hangat di musim dingin, pakaian sutra juga bisa membuat kita tetap merasa sejuk di musim panas. Kenapa demikian? Sutra mampu menyerap kelembapan antara 10-30 persen dari beratnya. Ini membuat sutra menjadi kain yang memiliki sirkulasi yang baik. Sutra juga sangat ringan dan tipis sehingga bisa tetap sejuk.

Sutra adalah yang berasal dari serat hewani (protein) seperti sutra dan wol tidak serap serat nabati (selulosa) seperti kapas. Ini berarti sutra tidak dapat menyerap keringat dalam jumlah besar. Saat mengenakan pakaian sutra di iklim tropis, sebaiknya kenakan item pakaian sutra yang longgar.

5. Kuat dan Tahan Lama

Ada alasan mengapa sutra berkualitas baik dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Untuk sebuah kain yang sangat tipis dan ringan, sutra sangatlah kuat. Benang sutra ini bahkan empat kali lebih kuat dari benang baja dengan ketebalan yang sama.

Baca Juga :  Ini dia Keuntungan Memiliki Kartu Kredit

Ratusan tahun yang lalu, orang Mongolia bahkan membuat baju perang terbuat dari sutra. Rompi yang terbuat dari banyak lapisan sutra berlapis digunakan untuk meredam dampak panah yang menuju ke tubuh. Sutra tidak hanya kuat tetapi juga memiliki elastisitas dan ketahanan yang sangat baik.

6. Mewah, Berkilau, dan Lembut

Fakta yang tidak bisa dipungkiri dari sutra adalah ia bisa tampak sangat indah. Tidak ada kain lain di dunia ini yang dapat menandingi penampilan dan nuansa sutra yang mewah. Kain sutra memiliki kilau yang indah, berkat struktur serat sutra yang menyerupai prisma segitiga. Bentuk serat sutra membiaskan cahaya pada sudut yang berbeda, yang membuatnya tampak berkilauan.

Kilauan kain sutra juga tergantung pada metode penenunan atau produksi yang digunakan pada sutra tersebut. Sutra adalah bahan yang sangat serbaguna, yang dapat ditenun menjadi berbagai jenis kain. Beberapa tenun populer termasuk satin, sifon, kepar, dan krep. Masing-masing tenunan ini memberikan sutra tampilan yang berbeda-beda. Satin sutra, juga disebut silk charmeuse, adalah tenunan yang paling berkilau.

Sutra juga memiliki kualitas lain yang ideal untuk industri fashion. Misalnya, pakaian sutra memiliki warna-warna cerah, karena sutra sangat mudah menyerap pewarna. Sutra juga memiliki bentuk cantik yang dapat digunakan untuk membuat gaun yang indah.

Artikel sebelumyaRekomendasi 5 K-Drama Time Travel Terbaik untuk Ditonton
Artikel berikutnyaTren Gaya Rambut Korea Wanita Tahun 2021, Mana Pilihanmu?
Seorang yang sangat menyukai dunia internet, k-drama.net ini khusus untuk info dan berita tentang K-drama terbaru. Jika anda tertarik untuk menjadi bagian dari website ini sebagai writer silahkan hubungi saya. Selamat Membaca,..