Connect with us

Kdrama News

7 Drama Tentang Skandal Korupsi Yang Wajib Kamu Tonton, Seru Abis!

Nur Khotimah

Published

on

Banyak penggemar yang cenderung suka menonton drama bertema romansa. Dimana mereka menikmati alur cerita manis penuh cinta. Tapi tak sedikit juga penggemar yang lebih suka menonton drama Korea bergenre kriminal yang juga membahas perihal korupsi pemerintah atau perusahaan besar.

Drama yang membahas skandal korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan sendiri sudah cukup banyak dibuat di Korea. Beberapa di antaranya akan dibahas dalam artikel ini. Menariknya, penulis tak jarang menambahkan bumbu lain dalam drama korupsinya. Seperti misalnya ada yang menambahkan soal ilmu klenik hingga humor.

Daripada penasaran, yuk langsung saja simak rekomendasi 7 drama Korea yang membahas skandal korupsi. Drama-drama ini dijamin seru abis dan wajib banget ditonton.

1. “Chief Kim”

Membahas drama tentang skandal korupsi besar, “Chief Kim” tidak boleh dilewatkan. Drama yang diperankan oleh Nam Goong Min ini bercerita tentang aksi kotor perusahaan besar bernama TQ Group dalam menjalankan bisnisnya. Nam Goong Min sendiri berperan sebagai akuntan dan penipu ulung bernama Kim Sung Ryeong. Di kota asalnya, Kim Sung Ryeong biasa bekerja untuk para gangster yang ingin memanipulasi laporan keuangan mereka.

Suatu hari Kim Sung Ryeong diterima di TQ Grup berkat campur tangan Direktur Keuangan di perusahaan itu yang bernama Seo Yool (Junho 2PM). Seo Yool tahu soal latar belakang Kim Sung Ryeong sebagai akuntan dan penipu ulung. Ia agaknya berencana untuk menjadikan Kim Sung Ryeong kambing hitam dari aksi kotornya di TQ Group. Tapi siapa sangka, Kim Sung Ryeong tahu kebusukan TQ Group dan bertekad membongkarnya.

Kim Sung Ryeong mengandalkan keahliannya sebagai akuntan sekaligus penipu ulung dalam mengumpulkan bukti skandal korupsi TQ Group. Beruntung, Kim Sung Ryeong yang akrab disapa sebagai Chief Kim memiliki rekan satu divisi yang solid. Mereka bersatu untuk membongkar skandal besar di perusahaan tempat mereka bekerja. Jangan khawatir, drama ini diselipi berbagai humor kocak yang membuat kalian betah nonton.

2. “The Cursed”

Forest adalah sebuah perusahaan IT terbesar di Korea Selatan yang dipimpin oleh Jin Jong Hyun (Sung Dong Il). Beberapa kejanggalan dalam perusahaan ini membuat seorang reporter bernama Im Jin Hee (Uhm Ji Won) tergerak untuk menyelidikinya. Dari penyelidikan itu diketahui bahwa ada sebuah perusahaan konsultasi spiritual yang selama ini berafiliasi dengan Forest.

Saat mencoba menyelidiki lebih lanjut tentang skandal Perusahaan Forest, Im Jin Hee bertemu dengan seorang remaja bernama Baek So Jin (Jung Ji So) yang memiliki kekuatan khusus. Baek So Jin bisa mengutuk siapapun hanya bermodal foto, barang pribadi, dan nama korban yang ditulis dalam Hanja (karakter China). Mereka kemudian bekerja sama untuk membongkar kebusukan Forest.

Penonton drama ini akan disuguhkan berbagai adegan mengerikan yang dihasilkan dari praktik ilmu hitam para tokoh “The Cursed”. Berhasilkan reporter Im Jin Hee dan Baek So Jin melawan Jin Jong Hyun serta mengungkap kebusukan Forest? Akankah Jin Jong Hyun yang kecanduan perdukunan bisa dikalahkan oleh seorang reporter dan gadis remaja? Cuss lah ditonton dramanya di VIU.

3. “Watcher”

“Watcher” berkisah tentang Do Chi Gwang (Han Suk Kyu), seorang detektif elit yang bertugas menangkap para polisi korup. Dalam misinya, ia dibantu oleh seorang polisi bernama Kim Young Koon (Seo Kang Joon) dan Jaksa Han Tae Joo (Kim Hyun Joo). Mereka tergabung dalam Tim Investigasi Korupsi yang dibentuk berkat dukungan komisaris. Target mereka adalah membongkar jaringan bisnis ilegal yang melibatkan Jang Hae Ruong (Heo Sung Tae).

Konflik drama ini bukan hanya soal mengungkap skandal korupsi yang melibatkan para petinggi polisi dan jaksa, tapi juga persoalan anggota Tim Investigasi Korupsi. Di mana Han Tae Joo yang memiliki trauma penganiayaan di masa lalu. Kemudian detektif Do Chi Gwang yang memiliki banyak musuh karena terkenal sangat gigih memerangi korupsi sehingga dianggap merugikan oleh sejumlah pihak. Sedangkan Kim Young Koon dihadapkan dengan kejanggalan kasus pembunuhan ibunya yang dilakukan oleh sang ayah.

“Watcher” sebenarnya termasuk drama dengan alur cerita yang cukup simpel karena sejak awal sudah digambarkan siapa yang menjadi musuh utama. Tapi ini justru menjadi salah satu daya tarik “Watcher”. Mengandalkan story telling yang kuat, penonton bisa merasakan emosi dari setiap adegan. Mereka juga dibuat bertanya-tanya, sebenarnya kejahatan besar apa yang dilakukan dan melibatkan jaksa serta polisi korup di drama ini?

4. “The Fiery Priest”

Drama ini bercerita tentang Pastor Kim Hae Il (Kim Nam Gil) yang cenderung pemarah, suka berkata kasar dan sering mengumpat. Suatu hari ia dipindahkan ke kota Gudam untuk mengabdi dan mengelola gereja kota bersama pastor senior bernama Lee Young Joon (Jeong Dong Hwan) setelah berulah di kota sebelumnya. Siapa sangka ini adalah awal dari semua konflik di drama “The Fiery Priest”.

Kota Gudam yang dijuluki sebagai kota damai tanpa kekerasan ternyata sangat bobrok serta dipimpin oleh Wali Kota yang korup. Fakta ini mulai terungkap setelah Pastor Lee dibunuh oleh para petinggi karena tidak mau menyerahkan pusat kesejahteraan kota ke tangan mereka. Pembunuhan Pastor Lee ini menyulut amarah Kim Hae Il. Terlebih Pastor Lee difitnah meninggal karena bunuh diri usai melakukan penggelapan uang gereja dan melecehkan jemaat perempuan.

Kim Hae Il pun mati-matian mengungkap kebenaran di balik pembunuhan Pastor Lee bersama dengan seorang detektif dan jaksa cekatan. Langkah ini ternyata perlahan membuka rencana kotor para pemimpin dan petinggi kota Gudam. Meski tema yang diangkat cukup berat, tapi drama ini disajikan dengan penuh komedi sehingga membuat penonton betah menyaksikan setiap episodenya. Tokoh dalam drama ini juga memiliki karakter yang kuat dan membuat ceritanya semakin solid. Kalau belum nonton, tonton deh sekarang. Dijamin seru abis, pstt Kim Nam Gil ganteng banget loh jadi pastor hehe.

5. “My Fellow Citizens”

Satu lagi drama bergenre komedi kriminal yang bisa banget kalian tonton. Drama ini mengisahkan seorang penipu ulung bernama Yang Jung Kook (Choi Siwon) yang tak pernah ditangkap polisi. Suatu hari ia menikah dengan Kim Mi Young (Lee Yoo Young) yang ternyata berprofesi sebagai detektif. Selama berpacaran, Kim Mi Young memang menutupi profesinya dan baru mengungkapkannya di hari pernikahannya dengan Yang Jung Kook.

Sementara itu, Park Hoo Ja (Kim Min Jung) adalah seorang wanita yang berprofesi sebagai rentenir. Ayah Park Hoo Ja ternyata pernah ditipu oleh Yang Jung Kook di masa lalu dan membuatnya geram. Park Hoo Ja pun membalas dendam kepada Yang Jung Kook dengan cara mengancam dan memaksanya untuk menjadi anggota Majelis Nasional. Park Hoo Ja berniat memanfaatkan posisi Yang Jung Kook di Majelis Nasional untuk menutupi bisnis ilegalnya.

6. “Memorist”

Drama ini berkisah tentang seorang detektif handal bernama Dong Baek (Yoo Seung Ho) yang memiliki kemampuan membaca ingatan seseorang hanya dengan menyentuhnya. Selain itu, Dong Baek juga hebat dalam menganalisis teka-teki misterius berbagai kasus serta jago bela diri. Tak heran jika Dong Baek menjadi salah satu detektif terbaik di Korea Selatan.

Dong Baek kemudian disatukan dengan profiler jenius, Han Sun Mi (Lee Se Young) untuk menangani kasus pembunuhan berantai yang dilakukan oleh Sang Eraser. Pelaku pembunuhan ini dijuluki Sang Eraser karena memiliki kemampuan menghapus ingatan seseorang. Eraser diduga adalah oknum polisi yang memiliki jabatan tinggi.

Praktik korupsi dalam “Memorist” adalah lebih ke penyalahgunaan kekuasaan. Di mana sejumlah tokoh penting terlibat dalam upaya untuk menutupi kejahatan sang pembunuh dalam drama ini. Akankah Dong Baek dan timnya berhasil membongkar aksi keji Sang Eraser? Tonton langsung aja yah.

7. “Doctor Prisoner”

Na Ye Ji (Nam Goong Min) adalah dokter bedah cekatan yang bekerja di sebuah rumah sakit ternama. Tapi suatu hari, ia justru dituduh telah melakukan malpraktik hingga izin praktiknya dicabut serta harus dipenjara. Tiga tahun berlalu, Na Ye Jin bebas dan bekerja di klinik penjara tempat dirinya ditahan dulu. Di sini lah semuanya dimulai.

Na Ye Jin sering membantu tahanan kelas atas untuk menciptakan penyakit dan membuat diagnosis palsu agar bisa mendapat penangguhan penahanan. Menariknya, Na Ye Jin tak asal-asalan dalam menciptakan penyakit. Ia “membimbing” tahanan kelas atas itu untuk mendapat penyakit. Ia juga melihat riwayat kesehatan mereka serta keluarga untuk mencari penyakit yang paling potensial. Tujuannya jelas agar manipulasi itu terlihat realistis.

Penyalahgunaan jabatan juga dilakukan oleh Direktur Lapas, Sun Min Sik (Kim Byung Chul). Nah, Na Ye Jin berusaha mati-matian untuk mendepak Sun Min Sik dari posisinya sebagai Direktur Lapas. Semua karakter di drama ini digambarkan abu-abu, jadi penonton mungkin akan kebingungan siapa yang benar dan siapa yang salah. Tapi ini juga menjadi daya tarik “Doctor Prisoner”.

Pos-pos Terbaru

Sinopsis Drama

Review Film

Advertisement