Connect with us

Film Korea

Review Film Korea Me & Me 2020

rian ciung

Published

on

Film korea yang satu ini membuat saya sakit kepala dan di saat yang bersamaan juga merasa gregetan. Betul-betul film dengan jalan cerita yang aneh, tetapi mampu membuat saya penasaran hingga akhir. Me & Me adalah film yang tidak bisa hanya ditonton hanya sekali, bahkan setelah film berakhir kebingungan itu masih akan terasa mengganjal dan menghantui. Kita dibuat bingung dan bertanya-tanya adakah maksud tertentu dalam setiap scene yang tertampil? Saya menontonnya dua kali, imajinasi terbang kesana kemari mencoba merangkai kisah yang ingin disampaikan, tetapi “kurang ajarnya” saya tetap merasa tak berhasil mencerna secara penuh maksud film ini.

Me & Me merupakan karya debut dari Jung Jin Young sebagai sutradara dan juga penulis cerita. Sebelumnya ia adalah aktor kawakan Korea Selatan, yang telah bermain di banyak drama dan film. Beberapa penampilan aktingnya yang memorable adalah pada drama “Glamorous Temptation, Love rain, dan film Pandora“. Untuk film Me & Me ia berbicara bahwa ending yang diberikan oleh film ini diserahkan kepada masing-masing penonton untuk menafsirkannya. Ia secara terbuka mengatakan bahwa film ini mungkin sedikit tidak masuk akal, dan kisah yang ditampilkan benar-benar seperti puzle yang tidak terhubung untuk menjadi kisah yang utuh.

Ia menganggap Me and Me sebagai film indie dan bukan seperti film arus utama kebanyakan. Dia mulai menulis naskahnya pada akhir tahun 2017, menyelesaikan draf pertama dalam tiga bulan, dan terus merevisinya hingga syuting dimulai pada musim gugur 2018. Film ini mengambil gambar dalam waktu kurang dari sebulan dengan biaya hanya $ 0,6 juta.

Me & Me, Bukan Film yang bisa Disukai Banyak Orang.

Pada awalnya saya mengira Me & Me adalah film dengan tema thriller kriminal biasa, dimana ada sebuah pasangan di pedesaan lalu tragedi menimpa mereka dan psikopat pun ditangkap. Namun ternyata film ini jauh lebih kompleks dari yang dikira. Dengan plot yang membingungkan, setelah menontonnya mungkin akan ada penonton yang emosi dan menganggap film ini benar-benar buruk. Sebagian lainnya akan menganggap film ini sangat menarik dan butuh diskusi untuk mengetahui apasih sebenarnya maksud dari film ini.

Menurut saya Me & Me bukanlah film tidak bermutu, toh pengambilan gambarnya apik, akting pemainnya juga mengesankan, untuk itu ini hanyalah masalah perbedaan persepsi saja dalam memahami kisah yang tersaji. Bagi yang enggan berfikir ketika menonton, maka film ini akan sangat mengganggu dan sama sekali tidak bisa menikmatinya,. Tetapi bagi mereka yang suka film sejenis permainan psikologi/psikologi trihller, ini adalah film yang sangat tepat.

Plot Film Me & Me 2020

Kisah dimulai dengan menampilkan guru sekolah Soo-hyeok (Bae Soo-bin) dan istrinya I-yeong (Cha Soo-yeon), yang pindah dari kota besar menuju sebuah perkampungan di pedesaan kecil. Keputusannya ini awalnya membuat bingung penduduk desa, karena biasanya penduduk desalah yang pindah ke kota besar dan bukan sebaliknya. Berawal dari tetangganya, Hae-Kyun Desas-desus kemudian menyebar bahwa pasangan itu menyembunyikan sesuatu. Setiap malam, I-yeong mengalami perubahan kepribadian yang misterius, ia menjadi orang yang berbeda dan terkadang cukup membahayakan. Khawatir dia akan menyakiti penduduk lain, maka penduduk desa mengajukan syarat jika ingin tinggal disana maka pasangan tersebut harus dikurung setiap malamnya.

Penduduk desa menganggap dengan pengurungan ini mereka akan aman, namun yang tidak terbayangkan terjadi. Sebuah tragedi menimpa pasangan tersebut, rumahnya terbakar dan mereka terjebak karena tidak bisa melarikan diri. Saat penduduk desa dengan panik mencoba menyembunyikan fakta yang mereka buat, detektif Park Hyeong-goo (Cho Jin-woong) tiba di tempat kejadian. Dia langsung curiga dengan perilaku aneh penduduk desa dan keengganan mereka untuk diwawancarai. Saat mereka menyingkir, dia memutuskan untuk menjelajahi rumah yang terbakar.

Ia tidak mempercayai Hae-Kyun dan kepala desa, untuk itu ia ingin memeriksa seluruh penduduk desa. Pada akhirnya penduduk berkumpul di rumah tetua desa, sambil menghadapi makanan dan minuman ia dipersilakan masuk bergabung. Tidak disangka, disana tetua desa mnegaku dialah yang menyarankan untuk memasang jeruji besi di rumah pasangan itu. I ditawari minum-minum dan menenggak alkohol pinus dengan tetua desa, awalnya menolak namun ia terus dibujuk. Minum-minum berlangsung hingga larut malam, Park Hyeong-Goo keluar dalam keadaan mabuk berat, ia menuju rumah yang terbakar dan melihat pasangan itu naik ke lantai dua. Ia mengejarnya tapi mereka tidak ada dan menganggap dirinya berhalusinasi akibat mabuk.

Jika di awal film kita akan mudah menyimak kisah yang tersaji, maka mulai dari titik setelah tragedi inilah penonton akan merasakan perubahan cerita yang drastis dan aneh. Saya sempat bertanya-tanya apakah ini akan berakhir seperti The wailing dengan hantu yang muncul? ataukah penduduk desa yang seluruhnya psikopat?

Tiba-tiba besoknya ia bangun di rumah pasangan tersebut dan Park sepertinya kehilangan identitasnya. Penduduk desa memberitahunya bahwa dia bukan seorang detektif tetapi seorang guru sekolah dasar. Apakah ini bagian dari tipu muslihat yang rumit? Bagaimana dengan kematiannya? Bagaimana dengan keluarga yang ditinggalkannya di kota? Mengapa tidak ada seorang pun, di mana pun, yang tampaknya bersedia menanggapi kisahnya dengan serius?

Ini adalah perubahan cerita yang benar-benar membingungkan, penonton seperti tidak diberi waktu untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi karena alur cerita berubah begitu saja. Betapa frustasinya dan getirnya Park Hyeong-Gu yang kehilangan apa yang dimilikinya selama ini dalam semalam, betapa ia rindua untuk menemukan kembali istri dan anak-anaknya. Sebagai penonton kitapun seolah terjebak dalam frustasi yang sama seperti yang dialami oleh si tokoh tersebut, dan pertanyaan “Sebenarnya ada apa?” seolah terus bergema dalam pikiran.

Pemeran Film Me & Me

Cho Jin Wong adalah aktor veteran yang memiliki kemampuan akting yang luar biasa. Perannya sebagai detektif tidak perlu lagi diragukan, ia telah banyak sekali membintangi film dan drama yang menuntutnya berperan sebagai role ini. Drama populer “Signal” adalah salah satunya. Ia juga sempurna ketika tampil sebagai orang yang putus asa plus memiliki psikologi yang tidak stabil. Tentu kita ingat ketika ia memerankan dokter bermasalah dalam film “Bluebeard” yang juga tidak kalah membingungkannya dengan film ini.

Jung Hae-Kyun berperan sebagai tetangga yang kepo dan dari dialah semua desas-desus mengenai pasangan itu berasal. Ia dengan mulut embernya mempengaruhi semua penduduk desa. Ia memang seringkali berperan sebagai orang jahat atau paling tidak sebagai orang yang menyebalkan, aktingnya yang cukup dikenal adalah ketika berperan sebagai psikopat gila di film “Confession of Murder“.

Bae So Bin dan Cha Soo Yeon berperan sebagai pasangan yang pindah ke desa tersebut. Mereka cukup baik menggambarkan pasangan muda yang sedang menikmati hangatnya masa awal pernikahan. Begitu romantis sekaligus getir ketika mereka harus menghadapi prasangka orang desa dan kemudian terbakar dalam rumah yang terkunci.

Lee Sun Bin berperan sebagai guru kelas merajut, ia secara tidak sengaja bertemu dengan Park Hyeong Gu di penghujung film ini. Ia seakan memberi sedikit persfektif yang penting kepada penonton, bahwa semua orang memiliki rahasia dan mungkin memiliki penderitaan dalam jiwanya.

Konklusi Film Me and Me 2020

Jujur saja, ketika film ini berakhir terasa menggantung dan seperti baru setengah jalan dari akhir yang seharusnya! Seperti saat menikmati sebuah hidangan tetapi tidak disediakan minum untuk meredakan rasa haus. Ini seperti menonton film yang bagus dan seseorang tiba-tiba mencabut TV dan mati begitu saja. Sutradara dengan kejam mengakhiri semuanya dan menyerahkan ending yang di inginkan menari-nari dalam kepala penontonnya masing-masing. Penonton tidak punya pilihan selain berpikir sendiri setelah menonton film ini. Dengan demikian, mungkin tidak akan pernah ada jawaban yang benar-benar tepat semua orang akan memiliki jawaban mereka sendiri tentang film ini.

Pos-pos Terbaru

Sinopsis Drama

Review Film

Advertisement