Naver

Rumor palsu adalah salah satu hal buruk yang sering dihadapi selebriti di Korea Selatan. Tak tanggung-tanggung, karier sang selebriti bisa saja hancur jika berbagai rumor yang beredar tidak segera diklarifikasi. Seperti yang dialami oleh sejumlah aktor dan aktris Korea berikut ini.

Para selebriti ini diterpa rumor palsu soal hubungan asmara, sifat buruk, hingga tudingan menjadi anggota gereja sekte sesat di Korea Selatan. Beruntung pihak agensi selebriti-selebriti ini cepat memberikan klarifikasi perihal rumor tersebut. Langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Lee Dong Wook

Lee Dong Wook sempat dituduh menjadi anggota gereja Shincheonji yang menjadi salah satu pusat penyebaran virus COVID-19 di Daegu, Korea Selatan belum lama ini. Shincheonji sendiri merupakan sekte fundalisme Kristen yang tak memiliki izin di Korea. Tuduhan ini pun langsung dibantah oleh agensi Lee Dong Wook, King Kong by Starship.

“Halo, ini King Kong by Starship. Baru-baru ini kami bisa mengonfirmasi bahwa rumor palsu tentang artis kami (Lee Dong Wook) terlibat dalam sekte religi khusus sedang beredar,” begitu bunyi klarifikasi King Kong by Starship. “Sehubungan dengan ini, kami berencana mengambil langkah hukum terhadap penyebaran rumor tak berdasar, fitnah jahat, dan komentar yang memfitnah karakter artis kami.”

2. Song Joong Ki

Pada pertengahan Juni 2020, Song Joong Ki dikabarkan sedang menjalin kasih dengan seorang pengacara. Rumor kencan ini menyebar melalui pesan teks di kalangan praktisi hukum. Ini merupakan berita besar mengingat Song Joong Ki baru satu tahun bercerai dengan Song Hye Kyo.

Enggan rumor ini menghancurkan karier artisnya, agensi High Story D&C langsung memberikan klarifikasi. “Rumor tentang Song Joong Ki sedang menjalani sebuah hubungan adalah tidak benar. Baru-baru ini, rumor itu telah menyebar di seluruh industri hukum, tetapi itu sama sekali tidak benar. Song Joong Ki sedang sibuk menyesuaikan jadwal karena penundaan filmnya,” tegas High Story D&C.

3. Lee Min Ki

Rumor tak kalah kejam pernah menimpa Lee Min Ki. Pada Februari 2016, seorang perempuan melaporkan Lee Min Ki atas tuduhan pelecehan seksual yang terjadi di sebuah kelab malam. Saat itu Lee Min Ki langsung mengklaim bahwa dirinya tidak bersalah. Tapi netizen Korea tak percaya dan terus menghujat sang aktor.

Hingga akhirnya pada 14 Juli 2016, agensi mengatakan bahwa Lee Min Ki terbukti tak bersalah setelah menjalani serangkaian investigasi. Perempuan yang melaporkan Lee Min Ki juga akhirnya meminta maaf setelah sang aktor terbukti tidak melakukan tindak pelecehan seksual terhadap dirinya.

4. Go Joon Hee

Aktris cantik Go Joon Hee pernah dituduh terlibat dalam dugaan skandal prostitusi Seungri pada tahun 2019. Tuduhan itu muncul setelah obrolan di grup Seungri dan kawan-kawan disiarkan oleh program dokumenter “Unanswered Questions” milik SBS. Dalam percakapan itu, mereka sedang membahas pesta ulang tahun Seungri di tahun 2015 yang diduga menjadi ajang “hiburan” untuk investor asing.

Go Joon Hee membantah tudingan itu lewat postingan di Instagram. “Dua minggu lalu setelah siaran ‘Unanswered Questions’, aku menerima banyak panggilan dari kenalan yang melihat namaku di hasil pencarian terkait. Tapi karena ini sama sekali tidak berhubungan dengan ku, aku meyakinkan mereka yang menghubungi ku dan tidak menanggapi setiap spekulasi,” tulisnya.

“Namun situasi semakin membesar setiap hari dan jelas tidak benar (bahwa) aku menjadi orang yang terkait dengan situasi tersebut. Termasuk apa yang telah dilaporkan oleh beberapa media. Aku ingin menyatakan dengan jelas bahwa aku tidak ada hubungannya dengan apa yang dikatakan rumor,” tegas Go Joon Hee. “Seungri adalah orang yang ku kenal selama bekerja di industri yang sama dan karena kami berdua berada di bawah YG Entertainment, aku tidak mengatakan bahwa aku tidak mengenalnya. Namun benar-benar salah jika aku (dikabarkan) menghadiri pertemuan bisnis Seungri dan menghibur mereka.”

5. Lee Tae Im

Pada Maret 2015, Lee Tae Im menjadi sorotan karena diduga memaki Yewon eks Jewelry saat sama-sama syuting acara “Tutoring Different Generations”. Rumor ini beredar seiring dengan video pendek yang tersebar di media. Hingga akhirnya terungkap bahwa Lee Tae Im bersikap seperti itu karena Yewon bicara secara tidak formal dan berlaku tak sopan kepada seniornya.

Skandal ini berdampak besar pada karier keduanya. Lee Tae Im langsung dikeluarkan dari acara “Tutoring Different Generations” setelah skandal ini terungkap. Kemudian Yewon juga keluar dari acara “We Got Married” bersama Henry Super Junior-M. Yewon pun akhirnya menuliskan permintaan maaf kepada Lee Tae Im atas kejadian ini.