Connect with us

Ragam

Beli Mobil Bekas Daihatsu? Periksa Dulu 6 Hal ini

rian ciung

Published

on

daihatsu

Harga mobil baru yang dirasa terlalu mahal menjadi alasan bagi sebagian orang lebih memilih membeli mobil second atau bekas. Hal ini bukan sesuatu yang salah, jika bisa memilih dengan benar, sisa uang yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya. Ketika akan membeli mobil bekas Daihatsu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi.

Berikut adalah 6 hal penting yang harus diperiksa ketika ingin memiliki mobil bekas.

1. Tentukan type dan cari Informasi harga

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, ada baiknya untuk menentukan budget dan jenis mobil apa yang akan dibeli. Perhatikan kebutuhan yang ingin dipenuhi, apakah ingin mobil SUV, MPV atau malah LCGC. Selain itu perhatikan juga tahun pembuatan,type, dan warna yang di inginkan.

2. Dealer atau Penjual
Tempat penjualan menjadi hal berikutnya yang harus diperhatikan. Reputasi dari dealer yang ada haruslah baik dan memiliki izin usaha yang jelas. Tak hanya melalui showroom-showroom fisik, saat ini pun sudah banyak dealer-dealer mobil bekas yang menawarkan produknya secara online. Salah satunya adalah seva.id. Beli mobil bekas kondisi bagus di seva.id menjadi opsi alternatif di samping melakukan transaksi secara langsung.

3. Tampilan eksterior
Langkah selanjutnya adalah dengan memeriksa kondisi eksterior atau body mobil. Telusuri dengan teliti, apakah terdapat goresan atau lecet. Lihat juga kondisi cat dan bagian kaca mobil. Pada bagian lampu, lihat apakah ada bagian yang rusak. Satu lagi yang tak kalah penting adalah bagian ban dan velg. Keempat ban perlu diperiksa apakah sudah aus atau terdapat bagian yang rusak.

4. Kualitas mesin

mobil daihatsu pilihan expert

mobil daihatsu pilihan expert

Setelah eksterior atau body mobil, mesin mobil menjadi bagian penting lain yang tak boleh terlewat ketika pengecekan. Coba untuk menyalakan mesin mobil dan dengarkan apalah suaranya normal atau tidak. Mobil yang masih bagus biasanya memiliki suara mesin yang halus. Perhatikan juga ketika proses menyalakan mesin, apakah mobil bisa dihidupkan dengan mudah atau tidak. Lanjutkan pengecekan mesin dengan test drive sebentar. Periksa kelancaran pengoperan persneling. Bisa juga dengan menjajal performanya pada jalan yang tidak rata.

Jika tidak memiliki pengetahuan yang cukup dibidang tekhnis maka tidak ada salahnya untuk mengajak montir untuk mengecek. Namun jika dirasa merepotkan, maka bisa memilih seva.id untuk melakukan pengecekan. Mobil daihatsu pilihan expert akan dijamin memiliki kinerja terbaik dan tidak mungkin mengecewakan.

5. Interior
Mobil yang bagus tanpa interior pendukung tentu tidaklah lengkap. Jika pemeriksaan bodi dan mesin telah dilakukan, maka selanjutnya adalah bagian dalam mobil. Beberapa jenis interior atau aksesoris mobil yang perlu dicek kondisinya antara lain dashboard, mesin AC, karpet lantai, keadaan jok hingga lapisan langit-langit. Dudukan jok perlu diperiksa apakah masih nyaman atau tidak. Selain itu, tombol-tombol hingga tuas yang ada pada bagian kemudi maupun pintu-pintu mobil juga harus berfungsi dengan baik.

6. Kelengkapan Surat dan fisik mobil
Pastikan bahwa mobil yang akan dibeli memiliki surat izin yang lengkap serta asli, meliputi BPKB dan STNK. Guna lebih memastikan bahwa mobil benar-benar milik orang sebelumnya, bisa juga dengan melakukan cek fisik di kantor Samsat. Jika data-data yang ada pada surat benar dan sesuai dengan rekaman Samsat, maka mobil tersebut layak untuk dibeli. Hal ini perlu dilakukan terlebih jika transaksi jual beli dilakukan oleh pemilik mobil itu sendiri.

Mobil Daihatsu yang paling banyak diminati tentunya adalah Daihatsu Xenia di kelas MPV, dan kemudian Daihatsu Terios di kelas SUV. Secara umum beli mobil bekas daihatsu tidak jauh berbeda dengan membeli mobil merk lainnya, yang terpenting lakukan dengan penuh pertimbangan dan jangan tergesa-gesa.

Continue Reading
Advertisement

Pos-pos Terbaru

Sinopsis Drama

Review Film

Advertisement