Connect with us
bau kaki

Ragam

Bau Kaki Tak Tertahankan? Ternyata Ini Biang Keroknya!  

Jika Anda memperhatikan bahwa kaki Anda berbau tidak sedap atau baunya lebih kuat dari biasanya, Anda mungkin mengalami infeksi jamur pada kulit yang disebut kaki atlet. Ingatlah untuk mendapatkan petunjuk tentang cara merawat kaki bau, dan waspadai gejala kutu air, seperti: Kulit merah, bersisik, gatal, dan kulit terbakar. Segera obati dengan mengoleskan krim antijamur bifonazol 1% sehari sekali selama 2 minggu untuk mencegah jamur kembali tanpa rasa takut kembali.

Penyebab Kaki Bau Asam

Siapa sih yang bisa tahan memiliki kaki yang bau? Meskipun baunya mungkin lebih buruk setelah berolahraga atau setelah melepas sepatu di sore hari, hal ini karena keringat dapat menyebabkan mikroorganisme yang hidup di kaki kita mengeluarkan bau yang tidak sedap.

  1. Bakteri dan keringat: Bakteri bisa menjadi penyebab bau kaki. Mikroorganisme seperti bakteri baik hidup di kulit kita karena bertanggung jawab atas kesehatan kulit. Namun terkadang bakteri tersebut dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap, terutama saat kelembapan di sekitar kulit meningkat karena berbagai faktor. Kondisi ini sering terjadi pada area tubuh yang cenderung berkeringat, seperti telapak kaki atau ketiak.
  2. Infeksi jamur: Terkadang bau kaki merupakan tanda bahwa seseorang mengalami infeksi jamur pada kulit. Saat Anda mengalami infeksi jamur ini, jenis bau yang ditimbulkan bisa berbeda-beda tergantung dari jenis sel jamur yang menginfeksi kulit. Selain itu, Anda mungkin mengalami tanda-tanda infeksi seperti kemerahan, perih atau gatal, serta kulit kaki yang kasar dan kering.

Pengobatan yang Bisa Diterapkan

  • Jaga kebersihan kaki Anda. Pastikan kaki Anda selalu benar dan benar-benar kering setelah setiap mencuci atau mandi. Kenakan sepatu berujung terbuka, gunakan bedak anti jamur dan hindari kain sintetis, yang dapat membantu mencegah bau kaki kembali. Kecuali jika Anda memiliki kutu air atau kutu air (yaitu bau kaki adalah produksi keringat, bukan jamur), menerapkan semua saran di atas juga akan membantu mengurangi bau kaki.
  • Jangan gunakan fasilitas bersama. Tips penting dalam menghilangkan bau kaki bisa diterapkan dengan membatasi penggunaan barang-barang umum, terutama di ruang publik. Sebaiknya jangan berbagi barang atau benda (misalnya handuk) dengan orang lain untuk menghindari penyebaran infeksi. Penyebab bau kaki mungkin karena prosedur ini. Selain itu, Anda harus mempertimbangkan untuk memisahkan pakaian, handuk, atau seprai dari pakaian lain dan mencucinya dalam air bersuhu 60°C.
  • Mengoleskan krim antijamur. Jika Anda terkena kutu air, cara paling efektif untuk mengatasi bau kaki adalah pengobatan dengan obat antijamur. Obat antijamur, seperti krim yang mengandung bifonazol 1%, dapat meredakan gatal secara efektif dan bekerja dengan cepat. Kandungan bifonazol ini bermanfaat untuk mengobati gatal dan infeksi jamur, yang juga berhubungan dengan peradangan.

 

Advertisement

Copyright © 2018 k-drama.net. Update Drama dan Review Film Korea

Connect