Connect with us

Featured

5 Langkah Simpel Belajar Bahasa Jerman Otodidak Sendiri

rian ciung

Published

on

belajar bahasa jerman mudah sekali

Belajar Bahasa Jerman Otodidak – Pernahkah kamu berpikir untuk belajar bahasa Jerman sendiri? Jika belajar di tempat kursus Jerman maka pertimbangan biaya yang mungkin saja mahal menjadi sumber masalahnya

Apakah bisa belajar secara otodidak tanpa harus mengeluarkan biaya banyak? Jawabannya tentu saja bisa. Kamu hanya perlu mengetahui cara yang tepat untuk mempelajarinya.

Bahasa Jerman adalah bahasa ketiga di dunia yang paling banyak digunakan. Jadi kamu pasti tidak akan menyesal setelah menguasainya. Bahkan hanya dengan menguasai bahasa Jerman, kamu bisa terbang ke negara Hitler ini dengan sangat mudah. Tapi sebelum angan-angan kamu wujudkan, taklukan terlebih dahulu bahasanya. Bagaimanakah cara belajar bahasa Jerman sehari-hari? Yuk ikuti cara belajar secara otodidak sendiri di sini.

Cara Belajar Bahasa Jerman Secara Otodidak

Belajar bahasa Jerman sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan kamu memiliki motivasi yang tinggi sampai berhasil. Banyak orang yang akhirnya berhenti belajar karena kurang motivasi, jadi pada titik tertentu mereka akan berhenti. Selama kamu bisa mengingat tujuan belajar dan ingin mencapainya, maka kamu tidak akan kekurangan motivasi.

Jika motivasi bisa kamu atur dengan baik, maka ikuti cara belajar bahasa Jerman otodidak berikut ini:

1. Mendengar dan Mengulang

Cobalah untuk mendengarkan bagaimana setiap huruf diucapkan dan bandingkan dengan huruf lainnya. Bandingkan dengan pengucapannya huruf dan kata dalam bahasa Indonesia. Kamu harus belajar dengan mengucapkan huruf maka akan lebih mudah dalam mempelajari kata.

Bukan hanya sekedar mendengarkan, tetapi juga mengucapkan. Mendengar saja tidak cukup karena kamu hanya akan mengetahui aturan membaca. Tapi dengan menirukan dan mengulanginya maka mulut akan terbiasa berbahasa Jerman. Ada berbagai aplikasi belajar bahasa Jerman yang bisa kamu unduh untuk membantu mempelajari alfabet dengan lebih detail.

2. Belajar kumpulan kata sehari-hari

Kamu bisa melanjutkan ke langkah yang lebih luas lagi yaitu menggunakan kata sehari-hari. Setelah menguasai alfabet maka ada beberapa kata yang harus dipelajari terlebih dahulu. Kata-kata ini akan membantumu untuk membuka percakapan dengan orang asing atau hanya sekedar bertanya.

Kumpulan kata-kata ini bisa dimulai dari kata yang biasa kamu gunakan sehari-hari. Misalnya saja sapaan kepada teman atau orang yang lebih tua atau menjawab ‘’ya dan tidak’’ dari pertanyaan. Juga ada jawaban terima kasih atau bagaimana mengatakan ‘’maaf’’. Sama seperti belajar alfabet, kamu juga harus mendengarkan dan mengulangi pengucapannya.

3. Perluas kosakata dengan kata benda, kata kerja dan kata sifat

Sebelum mulai bisa merangkai sebuah kalimat yang benar, kamu harus mempelajari komponen apa saja di dalamnya. Kosakata adalah komponen utama karena didalamnya terbagi dalam kata benda, kata kerja dan juga kata sifat. Pelajari semua dasar-dasar dari kumpulan kosakata ini dan bagaimana cara menggunakanya.

Supaya kamu bisa cepat menghafalkan, maka buatlah goal tertentu setiap harinya. Misalnya pada hari pertama kamu akan menghafalkan masing-masing 10 kata. Di hari berikutnya jumlah yang harus dihafalkan bisa bertambah 5 atau 10. Maka dalam satu minggu atau bulan, kamu sudah bisa hafal puluhan kata.

4. Mulai membangun kalimat

Kini kamu sudah memiliki dasar-dasar dalam bahasa Jerman. Saatnya untuk membangun kalimat dengan materi dasar tersebut. Untuk membangun kalimat ini, kamu perlu mendapatkan teman belajar. Teman akan membantumu melakukan percakapan sehingga kalimat bisa diucapkan dengan lancar baik itu langsung atau tertulis.

Dimana kamu bisa mendapatkan teman? Tidak perlu mengikuti kursus, kamu bisa mendapatkannya melalui aplikasi belajar online. Di sana kamu bisa menemukan teman dari berbagai negara yang sama-sama sedang belajar bahasa Jerman. Bahkan kamu bisa menemukan native speaker di dalam aplikasi tersebut. Luangkan waktu lebih banyak untuk belajar pada bab ini.

5. Sering menonton film berbahasa Jerman

nonton film german

nonton film german

Langkah terakhir adalah dengan sering menonton film atau membaca berita dalam bahasa Jerman. Proses ini akan meningkatkan kemampuan pemahaman. Kamu tidak hanya aktif dalam percakapan tetapi juga mampu memahami sebuah cerita dengan lebih dalam. Ada banyak sekali keuntungan jika kamu sering menonton film.

Pertama akan lebih banyak kosakata yang dipelajari. Kedua, kamu akan lebih mengenal kebudayaan orang Jerman. Seperti sejarah atau bagaimana komedi orang Jerman.

Tidak perlu menunda lagi jika kamu ingin menguasai bahasa Jerman, karena ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk belajar. Begitu banyak alat yang bisa digunakan, seperti smartphone yang dilengkapi dengan aplikasi belajar. Jadi kamu bisa praktek bahasa Jerman kapanpun dan dimanapun.

Jika kamu masih merasa sulit belajar sendiri dan butuh tuntunan khusus, maka kursus adalah jalan pintasnya. Selama waktu 6 hingga 9 bulan, kamu bisa menguasai bahasa jerman hingga ke level B1.

Continue Reading
Advertisement

Pos-pos Terbaru

Sinopsis Drama

Review Film

Advertisement