Connect with us

Kdrama News

Totalitas, 10 Drama Ini Habiskan Dana Fantastis Demi Puaskan Penonton

Nur Khotimah

Published

on

Tim produksi drama Korea tak pernah main-main dalam menyiapkan proyek terbaru mereka. Berbagai cara dilakukan demi bisa menyuguhkan tontonan menarik. Bahkan tak jarang mereka merogoh kocek fantastis dalam pengerjaan drama terbarunya.

Biaya fantastis ini biasanya dihabiskan oleh tim produksi untuk membuat special effects dalam setiap episodenya. Beberapa ada yang digunakan untuk biaya syuting di luar negeri. Ada juga yang menghabiskan biaya fantastis untuk membayar aktor papan atas.

Lantas, drama Korea apa saja yang tercatat telah menghabiskan dana fantastis untuk produksi? Simak daftar lengkapnya berikut ini.

1. “Arthdal Chronicles” – 54 Miliar Won (Rp 638 miliar)

“Arthdal Chronicles” adalah drama fantasi Korea pertama yang menceritakan tentang zaman purbakala. Biaya produksi drama ini dikabarkan mencapai 2,5 sampai 3 miliar Won atau sekitar Rp 29 hingga Rp 35 miliar per episodenya.

“Arthdar Chronicles” menghabiskan biaya fantastis karena sebagian besar produksi dilakukan di Brunei Darussalam. Kemudian tim produksi juga membuat set besar khusus untuk syuting drama ini. Belum lagi biaya untuk menggandeng aktor-aktor papan atas dalam drama ini. Maklum saja, “Arthdal Chronicles” dibintangi oleh sejumlah nama besar seperti Song Joong Ki dan Kim Ji Won.

2. “Kingdom Season 1 & 2” – 35 Miliar Won (Rp 414 Miliar)

“Kingdom” adalah drama Korea yang bercerita tentang zombie di zaman Joseon dan tayang di Netflix. Drama ini yang terdiri dari 12 episode untuk 2 musim ini kabarnya menghabiskan biaya 2-3 miliar Won (Rp 23 sampai Rp 35 miliar) per episode. Jadi total, “Kingdom” menghabiskan dana sekitar 35 miliar Won (Rp 414 miliar).

3. “Mr. Sunshine” – 30 Miliar Won (Rp 354 Miliar)

“Mr. Sunshine” merupakan drama yang diperankan oleh Lee Byung Hun dan Kim Tae Ri. Tim produksi kabarnya harus merogoh biaya 1,5 miliar Won (Rp 17 miliar) untuk setiap episodenya.

Biaya ini dikeluarkan demi bisa menghadirkan efek khusus yang apik serta menggandeng aktor sekelas Lee Byung Hun. Tapi pengorbanan ini tidak sia-sia karena banyak penonton yang puas dan memuji kualitas drama ini setelah tayang.

4. “Vagabond” – 25 Miliar Won (Rp 295 Miliar)

Biaya yang tak kalah fantastis juga dihabiskan oleh “Vagabond”. Drama aksi yang menggandeng Suzy, Lee Seung Gi dan Shin Sung Rok ini menghabiskan biaya hingga 25 miliar Won (Rp 295 miliar) untuk produksi.

Sebagian besar produksi “Vagabond” dilakukan di Maroko dan Portugal. Drama SBS ini juga memiliki banyak adegan aksi skala besar dan menggandeng aktor-aktor top. Tak heran jika biaya produksinya mencapai ratusan miliar rupiah.

5. “Criminal Minds” – 20 Miliar Won (Rp 236 Miliar)

“Criminal Minds” merupakan drama remake dari serial TV Amerika Serikat. Kabarnya drama yang dibintangi oleh Lee Joon Gi ini menghabiskan biaya sekitar 1 miliar Won atau sekitar Rp
11 miliar untuk produksi satu episode.

6. “Iris 2” – 20 Miliar Won (Rp 236 Miliar)

Sama seperti “Chriminal Minds”, “Iris 2” juga menghabiskan biaya 20 miliar Won atau sekitar Rp 236 miliar untuk produksi. Drama yang diperankan oleh Jang Hyuk ini sukses besar saat tayang pada tahun 2009.

7. “Saimdang, Light’s Diary” – 20 Miliar Won (Rp 236 Miliar)

“Saimdang, Light’s Diary” mencuri banyak perhatian saat ditayangkan pada tahun 2017. Pasalnya ini adalah drama comeback aktris top Korea, Lee Young Ae.

“Saimdang, Light’s Diary” bercerita tentang seorang seniman dan kaligrafer terkenal yang hidup di masa Dinasti Joseon. Selain di Korea, syuting drama ini juga ada yang dilakukan di Italia.

8. “My Country” – 20 Miliar Won (Rp 236 Miliar)

“My Country” merupakan drama kolosal yang ditayangkan oleh saluran TV kabel JTBC. Bercerita tentang akhir Dinasti Goryeo dan awal Dinasti Jeseon, drama ini dibintangi oleh Jang Hyuk, Yang Se Jong serta Woo Do Hwan.

9. “Iris” – 20 Miliar Won (Rp 236 Miliar)

Drama ini menggandeng dua nama besar Korea, yakni Lee Byung Hun dan Kim Tae Hee. Tak heran jika biasa produksi untuk “Iris” mencapai ratusan miliar rupiah.

10. “Athena: Goddess of War” – 20 Miliar Won (Rp 236 Miliar)

“Athena: Goddess of War” juga termasuk drama berskala besar yang dibintangi oleh Jung Woo Sung, Soo Ae serta Lee Jin Ah. Drama ini melakukan syuting di sejumlah negara, termasuk di Italia, Selandia Baru, Jepang dan Amerika Serikat. Pantes mahal yah biayanya.

Nah itu dia 10 drama yang menghabiskan biaya produksi fantastis. Keputusan ini tentunya diambil demi memuaskan penonton. Pasalnya drama-drama di atas terbukti telah menghadirkan aktor top serta visual efek yang menarik setiap episodenya. Gimana, sudah nonton semua belum?

Pos-pos Terbaru

Sinopsis Drama

Review Film

Advertisement