Connect with us

Film Korea

Review Film Korea The Intruder, Ketegangan yang berakhir Sia-sia

rian ciung

Published

on

review film the intruder

The Intruder, Film korea Thriller dengan ketegangan maksimal di paruh pertama, Akting dingin Song ji Hyo yang memukau, tetapi sayangnya diakhiri dengan plot twist yang kurang nendang.

Kata keluarga dianggap identik dengan rumah, kasih sayang dan kehangatan yang memunculkan perasaan damai. Apakah kemudian dapat menerima orang asing, meskipun dikatakan memiliki hubungan darah? Ia masuk ke dalam keluarga dan secara bertahap merusak tatanan yang ada, bagaimanapun ini akan memicu konflik.

Tiba-tiba saudara yang telah lama hilang kembali pulang ke rumah. Inilah inti dari kisah film Intruder, sebuah film thriller misteri yang menjadi debut dari sutradara Son Won Pyung, yang juga merupakan penulis best seller dengan bukunya Almond. Selain itu, film ini menjadi sorotan ketika Song Ji Hyo dan Kim Moo Yeol mengonfirmasi penampilan mereka.

Plot Film Intruder

review film intruder

korea herald

Film ini bercerita tentang apa yang terjadi ketika seorang saudara perempuan yang hilang 25 tahun lalu, tiba-tiba pulang ke rumah. Seo-jin yang diperankan oleh Kim Mu-yeol adalah seorang arsitek terkenal yang menderita psikoneurosis setelah terpukul karena menyaksikan kematian istrinya dalam kecelakaan mobil. Selain itu dia juga punya perasaan bersalah setelah kehilangan adik perempuannya 25 tahun lalu karena kesalahannya. Ia harus menerima psikoterapi untuk mengatasi penderitaanya tersebut.

Suatu hari, ia mendapat telepon dari petugas kesejahteraan sosial yang mengatakan telah menemukan saudara perempuannya yang hilang, Yoo-jin (Song Ji-hyo). Kedatangan saudara perempuan yang tidak diketahui asalnya ini membuatnya merasa curiga. Seo Jin kemudian mulai menggali rahasianya dan menghadapi kenyataan yang mengejutkan.

Yoo-jin berprilaku sangat ramah, sehingga Orang tua dan putrinya yang berusia 6 tahun langsung menyambut dan menerimanya sebagai anggota keluarga. Namun tidak demikian dengan sang kakak yaitu Seo-jin yang justru merasa tidak nyaman dengan perilaku Yoo-jin. Seiring berjalannya waktu, Seo-jin menjadi curiga terhadap Yoo-Jin yang menolak untuk mengungkapkan apa yang dia lakukan selama 25 tahun terakhir selama menghilang.

Yoo-Jin secara bertahap mulai mengambil alih keluarga, dari mengubah interior rumah, hingga mengganti pengurus rumah tangga yang telah lama bekerja dengan kenalannya sendiri. Sementara itu kondisi orang tua dan putrinya perlahan menjadi sangat lemah dan seperti terhipnotis.

Seo-Jin mulai mengungkap rahasia Yoo-jin demi menyelamatkan orang tua dan anaknya. Tetapi ternyata keputusannya ini menghadapi reaksi keras dari keluarga yang justru membuatnya dituduh menyimpan kecurigaan yang tidak berdasar terhadap adik perempuannya yang ramah dan cantik.

Menarik di Awal, Penuh Ketegangan di pertengahan, Tapi gagal klimaks di Penghujung Film.

review film intruder song ji hyo

soompi

Film ini menampilkan kondisi kontras yang sempurna antara skeptisisme Seo-jin kepada saudara perempuannya dan perilaku misterius Yoo-jin yang memiliki ekspresi bermuka dua selama paruh pertama film. Ini membuat penonton diliputi pertanyaan dan ketegangan melalui insiden-insiden yang berulang terjadi di rumah selepas Yoo-Jin datang.

Ketegangan semakin berkecamuk ketika Yoo Jin telah menjadi “kepala” keluarga, dan Seo Jin, yang mempertanyakan identitasnya sekarang justru dianggap sebagai “penyusup”.  Bahkan scene ketika Seo Jin sedang menjalani perawatan psikiater itu sangat membingungkan penonton. Apakah kecurigaannya dirinya ini sebatas khayalan atau benar-benar terjadi?

Hingga pertengahan, film ini sangat sempurna menjebak penonton dalam dugaan dan rasa penasaran. Seperti naik roller coaster! Begitu banyak hal terjadi yang membuat penonton tidak bisa berkata-kata.

Namun sayangnya, Intruder gagal menahan ketegangan ini sampai akhir. Sutradara Son Won Pyung seolah tidak memberikan waktu kepada penonton untuk menemukan jawaban dari pertanyaan “Apakah Seo Jin atau Yoo Jin, siapa yang mengatakan yang sebenarnya?” Karena justru membuka semua rahasia secara blak-blakan. Ketegangan yang sudah terbangun rasanya menjadi sia-sia dan lenyap sama sekali. Twist yang seharusnya menjadi puncak klimaks, justru malah menjadi bagian yang menghancurkan segalanya.

Akting yang Apik dari Song ji Hyo dan Kim Moo Yeol

song ji hyo

wajah sendu song ji hyo
soompi

Terlepas dari beberapa plot hole dan ending yang kurang maksimal, tetapi penampilan para aktor justru paripurna. Kim Moo Yeol, yang memerankan Seo Jin terlihat sekali sebagai seorang yang frustasi karena kecemasan serta rasa sakit yang dideritanya. Sementara Song Ji Hyo, dengan akting dinginnya itu seolah membawanya kembali pada saat ia membintangi film thriller Whispering Corridors 3: Wishing Stairs, 17 tahun lalu. Ekpresi dingin dan manipulatif itu menunjukan bahwa ia seorang aktris yang hebat.

Spoiler alert! Bagaimana endingnya?

Di bagian akhir film tampak Kim Mo Yeol memegang laporan hasil test DNA, ia kemudian menghancurkan file itu. Apakah Song Ji Hyo adalah adik yang sesungguhnya? mengingat saat perkelahian ia gagal menebak warna balon yang dipegangnya saat ia hilang. Bagaimana menurut kalian?

Secara keseluruhan Filmnya cukup bagus, Seting cerita di awal hingga pertengahan begitu menghibur, begitupun akting pemainnya yang terlihat sempurna. So, menontonnya di waktu luang bukan merupakan pilihan yang buruk.

Pos-pos Terbaru

Sinopsis Drama

Review Film

Advertisement