apa itu startup studio

Era digital membawa beberapa perubahan signifikan dalam kehidupan kita. Gaya hidup yang dulu tidak pernah kita kenal, kini justru menjadi sebuah kebutuhan. Sekitar tahun 2010 kita mungkin sulit membayangkan akan melakukan order makanan, transportasi, hotel, belanja atau bahkan konsultasi kesehatan hanya dari sebuah layar smartphone. Dan nyatanya saat ini, kita tidak bisa lepas dengan beragam aplikasi tersebut. Dunia terus berkembang dan manusia mau tidak mau harus terus beradaptasi dengan perubahan ini.

Dibalik aplikasi inovatif tersebut adalah perusahaan-perusahaan startup sebagai penciptanya. Dengan memanfaatkan platform teknologi terkini, mereka membuka jalan untuk memenuhi tujuan bisnisnya. Yaitu menawarkan solusi untuk menangani produk atau layanan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan dengan lebih efisien jika dibandingkan dengan cara konvensional.

Startup saat ini telah menjadi fenomena tersendiri karena begitu boomingnya. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa Startup menghasilkan persaingan dan menginspirasi individu untuk menjadi lebih kreatif, inovatif dan memiliki ide-ide baru yang orisinal. Selain itu, startup juga diminati oleh para milenial karena ritme kerja yang lebih fleksibel dan penuh tantangan sehingga mereka sangat menyukainya.

Baca Juga :  Agya 2019, Mobil yang Cocok Bagi Para Milenial

Banyak platform digital yang kita gunakan setiap hari termasuk Facebook, Google, Tokpedia, Bukalapak dan banyak lagi, semuanya dimulai sebagai sebuah startup sebelum meraih kesuksesan global. Mereka sekarang berhasil berkontribusi pada perekonomian dengan sangat sigifikan.

Dukungan Pemerintah dengan Menggelar Program Startup Studio

startup indonesia
startup indonesia, https://startupstudio.id/

Saat ini Indonesia memiliki beberapa startup yang telah berubah menjadi unicorn bahkan decacorn dengan nilai valuasi mencapai miliaran dollar. Menyadari peluangnya yang sangat besar, pemerintah menggulirkan program yang bertajuk Startup Studio yang memiliki tujuan untuk bisa menghasilkan unicorn lainnya.

Apa itu startup studio? Program Startup Studio Indonesia ini diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia guna menyediakan dukungan terhadap startup digital yang sudah sampai pada fase product-market fit dan memiliki founder yang visioner. Bentuk dukunganya ini adalah beragam program intensif termasuk pada strategi produk, pembentukan tim yang solid, penerapan teknologi terkini, peningkatan business skill dan strategi growth marketing.

Dengan dukungan ini, maka startup yang baru berkembang ini diharapkan bisa dapat mengatasi masalah sulitnya mendapat sumber daya yang kompeten serta mampu menerapkan strategi pengembangan bisnis dengan tepat. Program Startup Studio Indonesia hadir sebagai solusi yang dibutuhkan oleh startup untuk scale-up dirinya.

Baca Juga :  Aryaduta, Hotel Jakarta Super Cozy yang Terletak di Pusat Kota

Peran Startup dalam Meningkatkan Ekonomi

Bagaimanakah peran startup dalam meningkatkan perekonomian masyarakat disekitarnya dan umumnya sebuah negara? Mari kita ketahui.

1. Startup menawarkan gaya hidup yang efisien

Start up menetapkan tren dan standar baru sehingga hidup kita lebih efisien dan cepat daripada sebelumnya. Seperti untuk sektor transportasi, saat ini kita bisa dengan mudah melakukan order saat mau kemanapun, tanpa antri dan tarifnya bisa terlihat dengan transparan. Begitupun saat memesan makanan, reservasi hotel dan bahkan melakukan konsultasi dan booking dokter secara online.

2. Peningkatan Kesempatan Kerja

Startup membuka pintu peluang kerja baru yang sebelumnya tidak ada. Seperti programer, UI/UX, Data Analist, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ini bukan hanya sebuah pekerjaan tetapi juga memiliki nilai gaji yang sangat besar.

Selain itu, dengan kehadiran startup kita dapat melakukan apa saja hanya dengan menggunakan aplikasi di smartphone. Semua kemudahan ini membuka peluang baru untuk mendapatkan penghasilan dan pekerjaan bagi banyak orang. Beginilah cara startup memainkan peran mereka dalam meningkatkan ekonomi di seluruh dunia.

Baca Juga :  Mengenal SELOG Perusahaan Logistik Terbaik di Jakarta

3. Mengasah keterampilan individu

Orang yang bekerja untuk sebuah startup selalu dihadapkan pada situasi yang berbeda setiap harinya. Karena kondisi inilah mereka belajar banyak hal untuk menangani berbagai peran. Mereka bekerja di lingkungan yang kreatif untuk mengeluarkan ide-ide baru. Dan dari tempat ini mereka juga belajar keterampilan multitasking. Dengan semakin banyaknya startup, maka semakin banyak pula talenta-talenta yang memiliki jiwa kreatif dan suka tantangan.

4. Lingkup Pekerjaan yang Lebih Besar

Dibandingkan dengan karyawan yang bekerja di perusahaan besar, ruang lingkup pekerjaan seseorang yang menjadi bagian dari startup memiliki lingkup yang lebih luas. Ini karena karyawan dihadapkan pada setiap tugas secara langsung dan mereka dituntut untuk bisa mengatasinya sendiri.

Kesimpulan

Siapapun bisa membuat startup dan mulai memberikan banyak manfaat bagi individu maupun orang lain di sekitarnya, Kita hanya perlu untuk memulai prosesnya. Ide startup kecil dapat diubah menjadi sebuah solusi yang inovatif dan dapat mengubah masa depan kita.

Artikel sebelumyaPerusahaan Logistik Indonesia Selog Express, Solusi Layanan Pengiriman Saat Pandemi
Artikel berikutnyaJangan Takut Bongkar Kendaraan Sendiri, Ini Cara Mudah Menghilangkan Oli pada Pakaian
Seorang yang sangat menyukai dunia internet, k-drama.net ini khusus untuk info dan berita tentang K-drama terbaru. Jika anda tertarik untuk menjadi bagian dari website ini sebagai writer silahkan hubungi saya. Selamat Membaca,..