BERBAGI
obat sakit gigi berlubang

Gigi berlubang merupakan salah satu penyebab sakit gigi yang paling umum terjadi. Nyeri yang dirasakan akibat adanya lubang pada gigi biasanya disebabkan oleh plak dan bakteri. Penyebab utama dari munculnya plak pada gigi ini adalah sisa – sisa makanan dan minuman yang tertinggal dan menempel di sela-sela gigi yang kemudian digunakan bakteri untuk tinggal dan berkembang. Lama kelamaan Plak ini dapat melarutkan mineral lapisan email gigi, terjadi pengikisan dan akhirnya menimbulkan gigi berlubang.

Dan jika dibiarkan lebih lanjut lagi, bakteri bisa menembus hingga lapisan saraf dan pembuluh darah. Jika sudah begini, kita akan merasakan sakit yang amat sangat pada gigi yang berlubang. Apalagi jika digunakan untuk mengunyah makanan, pastinya akan terasa semakin sakit. Terdapat beberapa macam obat sakit gigi berlubang yang efektif dan mudah didapatkan, di antaranya

1. Ibuprofen
Ibuprofen digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada area gigi yang berlubang. Obat ini juga bisa digunakan sebagai penahan rasa sakit pada migrain, sakit kepala, demam, rheumatoid arthritis, dan penyakit lainnya. Obat ini sangat mudah didapatkan dalam berbagai bentuk seperti kapsul, suntik, obat tetes, hingga tablet kunyah.

2. Paracetamol
Dikenal sebagai obat penurun panas, Paracetamol juga dapat digunakan sebagai obat pereda nyeri pada gigi berlubang.

3. Asam Mefenamat
Asam mefenamat dapat ditemukan dengan mudah di berbagai apotek untuk mengurangi rasa sakit pada gigi yang berlubang. Peradangan juga dapat dikurangi dengan mengonsumsi obat ini, karena asam mefenamat akan memblokir pembentukan prostaglandin yang merupakan asal rasa sakit.

4. Natrium Diklofenak
Obat ini juga bekerja dengan menghalangi produksi prostaglandin. Selain sebagai obat sakit gigi, natrium diklofenak juga dimanfaatkan sebagai pereda nyeri setelah operasi bedah.

5. Naproxen Sodium
Sebagai obat yang termasuk dalam golongan obat anti-inflamasi non steroid (OAINS), naproxen sodium digunakan sebagai pereda sakit kepala, sakit otot, sakit gigi, dan kram menstruasi.

6. Cataflam
Jenis obat yang satu ini juga bisa meredakan nyeri akibat cedera, sakit punggung, kram menstruasi, hingga mengurangi peradangan.

Obat sakit gigi berlubang yang efektif mungkin berbeda sesuai dengan kondisi masing – masing. Maka untuk memastikan penanganan yang sesuai bagi kondisi gigi kamu, sebaiknya kunjungi dan lakukan konsultasi dengan dokter gigi. Peliharalah kesehatan gigi agar terus awet dan terhindar dari gigi berlubang. Lakukan sikat gigi secara teratur setiap sehabis makan dan sebelum tidur.