BERBAGI

K-drama.net – 15 Oktober 2015 menjadi hari yang menyenangkan sekaligus hari yang menyedihkan bagi ELF dan ‘Super Junior’ Donghae. Kemarin adalah hari ulang tahun member Super Junior yaitu Lee Donghae yang ke 30 tahun (usia korea). Tapi tepat di hari ulang tahunnya itu, Lee Donghae harus pergi menjalankan wajib militernya.

Donghae mengunggah sebuah foto di akun instagram miliknya, dengan caption  yang sangat menyentuh bagi para ELF (fans Super Junior). “ELF! Saya meminta maaf karena kalian akan merasa kesepian untuk satu tahun sembilan bulan mendatang. Saya fikir, ketika saya menjalankan wajib militer tepat di hari ulang tahun saya, itu akan menjadi lebih bermakna. Saya akan kembali dalam keadaan yang baik-baik saja dan tampan. ELF I Love You! Mari kita bertemu lagi setelah saya kembali bersama Eunhyuk”, begitu tulis Donghae.

donghae1

Dia juga mengunggah foto semangkuk sup rumput laut (makanan khas korea yang disajikan ketika seseorang berulang tahun), dia menulis “Ini adalah Sup Rumput Laut buatan ibu saya. Seorang ibu yang dapat diandalkan! ELF saya akan menemuimu sebentar lagi^^”. Donghae sepertinya benar-benar mencintai ELF dan already missing them.

Bukan hanya Donghae yang sangat mencintai ELF, ELF juga sangat mencintai dan mendukung semua kegiatan yang dilakukan oleh Donghae. Donghae mengunggah sebuah foto berupa banner yang berisi pesan-pesan penyemangat dari para ELF. “Tolong jaga Donghae kami untuk 21 bulan mendatang dan kembalikan ia dengan tidak kurang satu apapun. Please <3. Donghae, thank you for being born <3”. “Selamat Ulang Tahun, Donghae! Tolong jaga dirimu, sampai jumpa lagi”. “Oppa Selamat Hari Ulang Tahun ~ Kita akan merindukanmu. Ketika kau kembali setelah 21 bulan, saya harap kita tidak berpisah lagi”, begitu pesan para ELF yang tertulis dalam banner yang tertuju untuk Donghae. Sedangkan Donghae menggunakan caption I’ll go graciously ^^ heh”.

donghae-elf-instagram-enlistment

Member Super Junior juga menunjukkan dukungan dan semangat mereka untuk Donghae. Kangin mengunggah fotonya bersama Donghae di hari keberangkatan Donghae. Kangin menulis “Ini seperti baru kemarin (gambar ini diambil) dan sekarang saudara laki-laki saya harus pergi…”.

donghae3

Bukan hanya Kangin, Yesungpun melakukan hal yang sama. Yesung menulis “Brother, My Brother, Saya mencintaimu. Selamat Ulang Tahun. #YeDong “

donghae4

Kemudian, maknae  Super Junior – Kyuhyun, juga membahas tentang kedua hyung-nya yaitu Donghae dan Eunhyuk disela-sela live broadcating-nya di aplikasi Naver V. “Saya fikir bagaimanapun Eunhyuk akan melakukannya dengan baik, kemanapaun dia pergi. Tapi saya sangat khawatir dengan Donghae. Tapi Donghae adalah orang yang sangat penyayang, jadi saya fikir dia akan baik-baik saja”, begitu ungkap Kyuhyun.

Leeteuk sebagai leader  Super Junior mengirimkan salam perpisahannya melalui foto yang dia unggah di Instagram. “Donghae, mari kita makan bersama dan menghabiskan waktu bersama di ulang tahunmu mendatang! Saya merindukanmu ㅠㅠ”, begitu tulis Leeteuk. Bukan hanya satu foto yang dia unggah, foto kedua yang dia unggah menggunakan caption yang mengharukan “Our Donghae, kembalilah dengan keadaan baik-baik saja! Jangan sampai sakit ~ jangan sampai terluka ~ berbahagialah! I love you. Saya menunda keberangkatan saya ke Switzerland demi untuk dapat mengantarkan Eunhyuk, tapi saya tidak bisa terus berada disana selama yang saya mau. I’m sorry ㅠㅠ saya juga berat rasanya ~ Saya mencintaimu ! Jadi Yesung, Minho, Joonmyun dan Chanyeol yang melakukannya”

Heechul juga mengunggah sebuah foto dirinya bersama Donghae dan Eunhyuk, lengkap dengan ekspresi muka yang terlihat sedih. Dalam foto tersebut, baik Donghae ataupun Eunhyuk sudah memotong rambut mereka. Kemudian Yesung mengunggah sebuah foto lain di akun twitter-nya, dia menuliskan “Bahkan potongan rambutmu sangat cocok denganmu. Siapa yang akan berjalan dan ngobrol dengan ku di sungai Han ketika engkau pergi. Saya mungkin akan kesepian. Come back safe and healthy. #YeDong”

donghae7

 

Selain member Super Junior, member Super Junior-M dan EXO juga menunjukkan dukungannya terhadap Donghae. Terlihat Sehun, Chanyeol, Suho (Joonmyun) dan Zhoumi hadir untuk mendukung Donghae. Leeteuk menuliskan dalam aku instagramnya “Joonmyun, Chanyeol, Sehun ! dan Zhoumi ~ Terima Kasing telah mengunjungi Donghae!^^”.

donghae10

Donghae menyusul eunhyuk yang telah lebih dulu menjalankan wajib militer pada 13 Oktober kemarin. Donghae menjadi member kedelapan Super Junior yang menjalankan wajib militer (Soompi).