BERBAGI

Pernah denger lagu – lagu asik dan keren macam “ Sunset Glow “ nya Bigbang….” Someday” nya Super Junior atau “ Like A bird “ nya FT – Island ?? Pasti udah dong ya…Yup lagu – lagu yang sukses dibawakan sama Idol jaman sekarang kayak yang saya sebut diatas, ternyata itu lagu recycle dari lagu – lagu lama lho….Hmm…versi aslinya ternyata ga kalah bagus juga . Yuk ini dia kita bahas 5 lagu Recycle yang sukses dinyanyikan oleh artis sekarang.

  1. ” Someday ” , Lee Sang Eun vs Super Junior

Pertama kali nemu lagu ini  di album 6jibnya Super Junior. Langsung jatuh cinta karena ngedenger suaranya Kangint. Waktu ngedenger lagu ini juga udah berasa kalo lagu ini punya melody yang ” old ” . Benar aja. Mencoba untuk cari tahu dan ternyata lagu ini adalah lagu recycle. Penyanyi aslinya adalah perempuan lho. Namanya Lee Sang Eun. Lagu ini dinyanyikan di tahun 1993. Jujur saya sukkkaaaaa banget sama lagu ini. Ga cuma dari melodynya tapi liriknya juga keren. Lee Sang Eun menyanyikan lagu ini dengan gaya ciri khas dirinya. Dengan latar belakang music band. Ada juga suara saxophone sebagai suara latar belakangnya.  Suaranya itu loh. Yang bikin saya makin kesengsem sama lagu ini. Suaranya sexy abisss. Mirip – mirip sama suara Reza Artamevia. Kalau versi Sujunya ,mereka menyanyikan lagu ini dengan genre full pop. Suara Donghae di awal, Eunhyuk, Shiwon juga terdengar syahdu di lagu ini. Jangan ditanya soal Kyuhyun dan Ryewook yang megang porsi Reff. Udah pasti kece badai. Menurut saya , Suju dkk berhasil ngercycle lagu ini dengan baik. Mereka ga mengubah liriknya hanya sedikit mengubah melody di beberapa bagian lagu menjadi lebih bernuansa pop. Namun secara keseluruhan baik Sang Eun ataupun Suju sukses membawakan lagi ini dengan baik.

Someday Versi Lee Sang Eun :

Cr. pops8090

Someday versi Super Junior :

Cr. Tijayski

  1. ” Like a Bird ” Byun Ji Seop vs Ft Island

Ini juga termasuk lagu recycle favorit saya. Lagu ini masuk di album FT Islands ” Memory of Ft Island “ . Dimana di album ini FT Islands mencoba menggubah lagu – lagu lama yang  coba mereka nyanyikan kembali sesuai dengan genre dan style mereka. Salah satunya adalah lagu Like a Bird milik Byun Ji Seop ini. Lagu ini pertama kali dinyanyikan di tahun 1988. Lagu ini menjadi lagu utama di album ini. Hongki Cs menambah rap dan sedikit mengubah lirik di verse 1 dan verse 2.  Mungkin selama ini kita terbiasa dengan lagu “ Like A bird “ yang sudah dinyanyikan FT Island. Coba denger versi aslinya deh. Ga kalah asyik kok lagunya. Mungkin emang agak lebih berbeda di bagian verse 1 dan verse 2. Baik melody ataupun liriknya. Ya….namanya juga lagu tahun 80an so..melody dan music pengiringnya juga pasti ala – ala 80an dong yaa…….

Versi Byun Ji Seop :

Cr. Jea Kim

Cr. FTISLAND (FT아일랜드)

  1. “ Promise “ , Im Byung Soo vs Kim Soo Hyun

Nah…buat pecinta drama “ Who You From The Star “ lagu ini pasti gak asing lagi buat kalian. Yak..ini merupakan salah satu lagu Ost. dari drama tsb yang dinyanyikan oleh Kim Soo Hyun sendiri. Ost yang kabarnya sukses ini ternyata recycle dari lagu yang berjudul sama dan dinyanyikan oleh Im Byung Soo di tahun 1984. Lagu bertempo ballad ini dinyanyikan Kim Soo Hyun dengan apik hingga bisa memperoleh kuseksesan. Agak susah cari lagu versi aslinya. Mungkin karena lagu lama. Nemu 1 video namun musiknya sudah berlatar belakang orchestra. Entah itu versi yang asli atau bukan. Kalau versi Kim Soo Hyun, musiknya hanya akustikan gitar. Lebih syahdu lagi kedengerannya. Intinya tetep asyik. Bagus dua – duanya. Mungkin lebih terdengar “ masa kini “ an lagu versi  Kim Soo Hyun sih ya… Dan juga yang mungkin lebih cocok di telinga para pecinta music yang sekarang ya versi Kim Soo Hyun. Tapi jangan lupakan versi penyanyi aslinya juga ya….

Versi Im Byung Soo :

Versi Kim Soo Hyun :

CR. HanabiTomoLyrics OST

  1. “ December” Turbo vs Suju KRY

Waaahhh…kalau lagu ini bukannya asyik lagi. Tapi menyenangkan hhaa…Lagu ini bakal ngebuat kalian ngebayangin musim dingin yang indah bersama pasangan. Sebenarnya lagu ini adalah ciptaan dari Yoon Il Sang . Dinyanyikan oleh Turbo di tahun 1997 dan dinyanyikan kembali oleh Suju KRY di tahun 2012. Suju KRY merilis lagu lawas ini adalah sebagai perayaan ulang tahun Yoon Il Sang yang ke 21 perjalanan Karirnya di dunia music. Suju KRY kembali merilis lagu ini dengan judul “ Reminiscence “. Tapi jangan salah versi aslinya yang dinyanyikan oleh duo Turbo juga ga kalah kerennya lho. Suara manis Kim Jong Kook juga ga kalah keren dengan suara para vocalist Suju tsb. Pengen tahu Kyuhyun ngerap ? hha.. coba denger di lagu ini. Doi sedikit ngerap lho di intro lagu. Untuk melody dan liriknya  sama. Tak ada yang dirubah. Hanya sedikit di arransemen ulang. Kalau di suruh milih antara versi Suju atau versi Turbo ?? Dua – duanyaaaaaaaa………………

Versi Turbo :

Cr. Pops8090

Versi SuJu KRY :

Cr. YoonIlsang1

  1. “ Sunset Glow “ Lee Moon Sae vs Bigbang

Last but not least, mungkin ini lagu recycle yang paling sukses kali ya. Dan mungkin sebagian besar orang juga sudah tahu bahwa Bigbang sukses besar me-rcycle ulang lagu ini. Lagu ini dinyanyikan oleh Lee  Moon Sae di tahun 1988. Dan Bigbang kembali merilisnya di album kedua mereka di tahun 2008. Berbeda dengan di lagu pertama yang langsung saya ketahui sebagai lagu Recycle , justru di lagu ini saya sama sekali gak tahu kalau ternyata ini lagu Recycle. Bigbang benar – benar membuat lagu ini jadi berbeda. Baik di lirik dan di melodynya. Mungkin hampir bisa dikatakan GD dkk hanya mengambil bagian reff dari lagu ini dan mengatur ulang semua melodynya sehingga menjadi lagu yang keren punya. Penyanyi aslinya, Lee Moon Sae bahkan memberikan pujian pada Bigbang untuk lagu remake ini. Lagu ini dikemas dengan style Bigbang pastinya. Dengan rap yang keren ala GD dan Top serta dengan suara emas Daesung, Taeyang serta Seungri. Hmm….kalau mau denger lebih jelas, TOP sempet sebut nama Lee Moon Sae di awal lagu loh di lirik rapnya.

“ Now Who……Big…Bang…. …            Yeaaaahh……

Kolaborasi Bigbang dan Lee Moon Sae :

Cr. FrancePagan

Yak..itu review 5 lagu hasil dari remake lagu terdahulu. Semua lagu itu sukses besar di pasaran lho. Hal itu menjadi tanda bahwa lagu lawas – lawas korea itu ternyata juga bagus – bagus. Dan tak jarang banyak penyanyi lawas yang berubah haluan menjadi composer atau bertahan menjadi penyanyi dan mereka masih exist hingga sekarang.