Home Kdrama Review Review DP, Drama Korea dengan Tema Bullying di Militer

Review DP, Drama Korea dengan Tema Bullying di Militer

0

DP adalah drama korea yang tayang di platform streaming Netflix, alur kisahnya yang tidak biasa membuat banyak penonton sepakat bahwa drama ini patut menjadi salah satu drama terbaik tahun ini. Drama yang penuh unsur kejutan, dan mungkin tidak terbayangkan. Berfokus pada rasa sakit dan perjuangan para pemuda di Korea Selatan yang menjalani wajib militer selama dua tahun.

Drama ini diangkat berdasarkan webtoon berjudul D.P: Dog Days, yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kim Bo-tong. Sementara untuk filmnya disutradarai oleh Han Jun Hee yang juga bertindak sebagai penulis naskah. Sebagai pemeran utama adalah Jung Hae In, dia memerankan seorang tentara yang pendiam dan kaku.

Detail Drama DP Original Netflix

Drama: D.P.
Revised romanization: D.P.
Hangul: D.P.
Director: Han Jun-Hee
Writer: Kim Bo-Tong (webcomic & screenplay), Han Jun-Hee
Network: Netflix
Episodes: 6
Release Date: August 27, 2021
Runtime:
Language: Korean
Country: South Korea

DP Drama Korea, Berlatar Kisah Wajib Militer

Dunia ini tidak adil, dan memang tidak akan pernah adil. Inilah kenyataan yang terkadang harus kita telan dengan terpaksa. Cerita berpusat pada bullying yang mungkin tidak membuat nyaman bagi sebagian penonton. D.P. menawarkan kontradiksi yang menyakitkan, tetapi disisi lain justru membuatnya semakin menarik.

Sinopsis DP drama korea

An Jun-ho diperankan oleh Jung Hae In, adalah seorang pemuda pendiam dan tenang yang mendaftar menjadi tentara Korea Selatan untuk mematuhi wajib militer. Di balik sikap tenang dan pendiam Jun-ho ia menyimpan masa lalu bermasalah yang berasal dari trauma masa kecil melihat ibunya menderita di tangan ayahnya yang kejam.

Setelah menjalani kehidupan yang sulit, Jun-ho tidak kesulitan menjalani disiplin yang ketat dan pelatihan fisik yang menyiksa selama di kamp pelatihan. Yang justru sangat mengganggunya adalah budaya bullying yang dia saksikan. Yang terkuat menindas yang lemah marak terjadi, sehingga mereka yang dianggap “paling lemah” terlempar ke dasar penderitaan yang mengerikan. Drama ini memberi gambaran terhadap intimidasi yang biasa terjadi dalam dinas militer. Dan itulah yang membuat D.P terasa lebih nyata.

Secara khusus, teman sekamarnya Cho Seok-bong (Jo Hyun-chul) menjadi sasaran seorang prajurit senior yang kejam bernama Hwang Jang-soo (Shin Seung-ho), yang menggunakan kekuasaanya untuk terus-menerus mengganggu, memukuli, dan mempermalukan orang-orang lemah.

Untungnya, Jun-ho terhindar ketika atasannya, Sersan Park Beom-goo (Kim Sung-kyun), memperhatikan keterampilan pengamatannya yang luar biasa setelah kebetulan bertemu. Ia segera direkrut ke dalam D.P. unit (Deserter Pursuit) dari Polisi Militer, di mana dia bertugas menangkap tentara yang desersi.

Meskipun matanya tajam untuk melihat detail dan pikiran analitis yang cepat, Jun-ho sangat tidak berpengalaman dalam pekerjaan semacam ini. Itulah sebabnya dia dipasangkan dengan Kopral Han Ho-yul (Koo Kyo-hwan), partner yang unik dan berjiwa bebas yang menunjukkan kepadanya cara untuk menyelidiki dan melacak para pembelot.

Hubungan keduanya merupakan bagian paling menarik dari drama ini. Kita bisa melihat betapa kontrasnya kepribadian mereka sehingga menghadirkan dinamika kisah yang enak ditonton. Mereka sangat hebat selama berada dalam berbagai misi. Beberapa momen kesembronoan dan komedi di tengah beberapa cerita memberi jeda pada penonton dari kisah yang intens.

Jun-ho menikmati pekerjaannya sebagai bagian dari DP. Ia bisa mengenakan pakaian biasa dan menghabiskan hari (kadang-kadang berminggu-minggu) di luar kamp. Namun disisi lain ia mulai merasa ada konflik secara moral ketika dia belajar lebih banyak tentang orang-orang yang dia kejar.

Dia menyadari bahwa alasan umum mereka melakukan desersi karena telah diintimidasi melewati titik batasnya. Karena kehidupan keluarganya dan apa yang dia saksikan dengan matanya sendiri di kamp, ​​​​dia bersimpati dengan penderitaan para desertir.

Drama ini memperlihatkan adegan mengerikan dari intimidasi yang dilakukan oleh senior kepada junior. Dengan alasan hukuman ringan atau untuk menanamkan rasa hormat. Dari pemukulan brutal, penyerangan seksual hingga penghinaan yang tidak manusiawi. Mereka menjadi sangat trauma hingga melarikan diri, dengan risiko tertangkap dan dipenjara, itu jauh lebih baik daripada menderita di tangan atasan mereka.

Peran Jung Hae In

Jung Hae-In memainkan karakter utama dengan sangat baik, dia bekerja keras menampilkan seseorang yang terlibat dalam pergulatan batin yang rumit. Dia adalah seorang pria pendeiam, hingga sulit untuk melihat bagaimana karakter seperti Jun-ho dapat menjalani kehidupan yang bahagia. Dia seperti larut dalam depresi yang tidak berujung. Selain itu, para pemeran pendukungnya sama-sama memberikan penampilan yang juga sangat baik.

D.P. adalah drama yang dark, serius, dan menunjukkan realita yang bisa terjadi di dunia saat ini. Penampilan aktornya cukup bagus, sinematografi yang luar biasa, Alur cepat yang membuat penasaran, dan kisah berani untuk mengangkat budaya intimidasi yang mengerikan di militer membuat 6 episode D.P. terasa sangat worth it untuk ditonton. DP adalah salah satu mini-seri K-Drama terbaik yang dirilis tahun ini.

Trailer DP Drama Korea

 

Exit mobile version