Connect with us

Featured

Kenali Ciri Sakit Jantung dan Jaga Pola Makan agar Tetap Sehat

Published

on

Jantung adalah organ paling utama dalam tubuh manusia, untuk itu menjaga kesehatannya merupakan kewajiban yang tidak boleh diabaikan. Fungsi utamanya adalah memompa darah ke seluruh tubuh, ia memastikan semua organ mendapatkan suplai darah yang cukup agar dapat berfungsi dengan baik. Jantung mendistribusikan darah melalui arteri yang berasal dari aorta atau pembuluh darah utama yang membawa darah beroksigen. Sakit jantung terjadi jika satu atau lebih arteri koroner menyempit sehingga membuat darah kesulitan mencapai jantung, terutama selama melakukan aktifitas berat.

Ciri Sakit Jantung yang paling umum adalah rasa sakit atau seolah tertekan pada dada, napas pendek dan sakit yang menyebar dari bahu, lengan, dan leher. Gejala penyerta jantung koroner ini kemudian dikenal dengan “Angina” . Ketika salah satu pembuluh arteri tersumbat, hal ini terjadi karena plak yang menyebabkan bekuan darah terbentuk hingga memblokir suplai darah ke bagian jantung. Jika kondisi ini dibiarkan maka akan menyebabkan beberapa otot jantung menjadi mati atau disebut infark miokard (kematian jaringan otot jantung).

Ciri sakit jantung diatas mungkin akan memiliki variasi yang berbeda tergantung dari kondisi tubuh masing-masing. Gejala dapat sangat berbeda pada kelompok usia, ataupun gender, mereka akan memiliki persepsi nyeri yang bervariasi. Namun jika terus dibiarkan, gejala penyakit jantung tersebut akan terasa semakin memburuk dari waktu ke waktu. Hal ini terjadi karena penyempitan pembuluh arteri terus berlanjut dan aliran darah ke bagian jantung semakin terganggu. Stamina tubuh akan semakin menurun, bahkan untuk melakukan aktifitas rutin sehari-hari saja akan menimbulkan kelelahan dan kelemahan yang luar biasa.

Jaga pola Makan Sehat

Menjaga Kesehatan jantung dapat dilakukan dengan rajin melakukan olahraga secara teratur, menjaga pola makan sehat dan istirahat yang cukup. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan fast food dan makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Sebaiknya perbanyak makan buah dan sayur yang bagus untuk jantung seperti Alpukat, kacang-kacangan, tomat, dan minyak zaitun. Buah dan sayuran mengandung berbagai vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang telah terbukti membantu mencegah penyakit jantung.

Menjaga berapa banyak kita makan juga sama pentingnya dengan apa yang kita makan. Makan dengan porsi berlebihan, dapat menyebabkan lebih banyak kalori yang masuk dari pada yang seharusnya. Gunakan piring atau mangkuk kecil untuk membantu mengontrol porsi. Pilih makanan rendah kalori dan kaya nutrisi, seperti buah-buahan dan sayuran, dan hindari makanan berkalori tinggi seperti makanan fast food. Jika ini dilakukan secara konsisten maka akan membentuk pola makan sehat yang bagus untuk jantung.

Continue Reading
Advertisement

Pos-pos Terbaru

Sinopsis Drama

Review Film

Advertisement
Exit mobile version