Home Ragam Jangan Takut Bongkar Kendaraan Sendiri, Ini Cara Mudah Menghilangkan Oli pada Pakaian

Jangan Takut Bongkar Kendaraan Sendiri, Ini Cara Mudah Menghilangkan Oli pada Pakaian

0
perawatan mobil, pixabay

Saat memiliki kendaraan, banyak orang yang memilih untuk “mengopreknya” sendiri. Baik itu untuk perawatan ataupun perbaikan, selama masih dihandle dengan peralatan yang dimiliki kita akan merasa lebih puas saat dapat melakukannya sendiri. Memperbaiki atau memasang part yang baru di kendaraan menjadi hal yang menyenangkan. Selain tentunya kita akan dapat menghemat pengeluaran yang cukup lumayan ketika dikerjakan sendiri.

Keuntungan Memperbaiki dan Merawat Kendaraan Sendiri

Ditengah pandemi seperti sekarang ini, kita tidak bisa leluasa pergi ke bengkel. Pembatasan kegiatan diluar rumah mmebuat kita lebih memilih untuk melakukan perawatan kendaraan sendiri di rumah. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika kita melakukannya.

1.Belajar Pengetahuan Baru

Untungnya kini banyak tutorial yang bisa ditemukan dengan mudah di Internet. Bahkan kita bisa menyimal langkah-langkah secara jelas melalui berbagai video di youtube. Jadi, jika kita bahkan tidak tahu apapun, kita dapat melakukan perawatan dan perbaikan ringan di kendaraan dengan relatif lebih mudah.

Semakin Kita tahu tentang cara kerja bagian dalam mobil atau motor yang dimiliki maka semakin tenang saat dihadapkan dengan trouble di jalan. Pikirkanlah, kita bisa melakukannya sendiri di rumah, dan kita bisa belajar bagaimana melakukannya. Jadi mengapa harus takut?

2. Membongkar tidak Seseram yang dibayangkan

Banyak orang yang sedikit takut ketika harus membongkar atau memasang part pada kendaraannya. Ingatlah, ini hanya tentang mur dan baut, dan karena itu ini seharusnya sangat mudah untuk dilakukan.

Hanya dengan kunci pas dan obeng, lakukan dengan teliti, cermat dan ingat bagian per bagiannya. Lalu ketika kita kesulitan dan merasa tidak mampu, tenang saja masih banyak bengkel diluar sana yang akan membereskannya. Dari kesalahan tersebut maka kita akan mempelajari langkah yang benar.

3. Akan menghemat uang

Ketika kita pergi ke bengkel, akan ada biaya yang harus dikeluarkan. Maka dari itu, Kita tidak perlu pergi ke bengkel hanya untuk setiap pekerjaan kecil. Jika kita belajar, dan mulai mengeluarkan alat serta mencobanya, ini akan menghemat uang dengan signifikan.

Jika ke bengkel, untuk mengganti lampu saja kita mungkin akan dikenakan biaya 30-50ribuan rupiah. Belum lagi harus mengantri dan melakukan perjalanan. Sementara kita bisa melakukannya sendiri, percayalah ini tidak sesulit yang dipikirkan.

4. Sangat memuaskan

Rasa puas saat melihat pekerjaan dilakukan dengan baik benar-benar sangat priceless. Inilah sebabnya mengapa kita melakukannya, karena kita ingin menikmati hasil kerja di kendaraan yang kita miliki. Keluarkan kunci pasmu, ganti bagian yang rusak itu, dan rasakan sensasi seperti seorang profesional.

Semakin sering melakukannya, maka semakin banyak Kita belajar dan semakin besar kepercayaan diri kita. Ini memiliki banyak manfaat. Kita akan memiliki sedikit ‘pengetahuan’ yang akan memberi keterampilan yang baik.

5. Terikat secara personal dengan kendaraan yang dimiliki

Semakin banyak kita mengerjakan mobil yang dimiliki, maka semakin dekat kita mengenalnya. Bahkan kita bisa mengetahui semua keanehan kecil yang terjadi. Seperti ketika terdengar suara mencicit, berderak, atau berdenting, Kita akan tau karena merasa menyatu dengan mobil. Itu adalah pengetahuan yang bagus, karena ini berarti kita akan memiliki kepercayaan diri dan merasa lebih aman di jalan.

Bongkar-bongkar jangan takut noda oli

Salah satu kekurangan yang bisa terjadi saat kita memutuskan membongkar kendaraan sendiri, adalah debu dan oli tidak dapat dihindari akan menempel di baju dan badan saat kita membongkar sesuatu. Namun tenang saja, ini sangat mudah untuk diatasi.

Cara mudah menghilangkan oli yang sudah kering di pakaian bisa menggunakan pembersih rumah tangga biasa, seperti sabun cuci piring, soda kue dan air hangat. Dengan sedikit waktu dan tenaga kita bisa menghilangkan noda minyak dengan mudah tanpa perlu membeli penghilang noda yang mahal.

Tips Menghilangkan Noda Oli Kering

Bukan ide yang baik untuk membilas pakaian dengan air sebelum menghilangkan nodanya. Jadi jauh lebih mudah mengerjakan kain saat kering, karena oli dan air tidak bercampur. Tempatkan selembar karton di antara lapisan pakaian. Ini akan membantu menghindari oli mengotori ke bagian lainnya.

Seka noda dengan kain bersih, lakukan dengan hati-hati untuk menghindari penyebaran oli ke bagian kain yang tidak terpengaruh. Oleskan sabun cuci piring ke noda, ini karena sabun cuci piring cair efektif menghilangkan kotoran pada pakaian, seperti halnya pada piring.

Oleskan beberapa tetes sabun cuci piring cair ke noda dan biarkan meresap, gosok perlahan dengan jari, sikat gigi yang bersih dan berbulu lembut, atau kain untuk membantu menghilangkannya. biarkan sabun cuci piring meresap selama sekitar lima menit.

Bilas dengan air hangat, lalu cuci seperti biasa. Tunggu lima menit setelah mengoleskan sabun cuci piring, lalu bilas dengan air hangat. Baju yang baru dicuci jangan lupa ditaruh di gantungan baju hingga kering di udara.

Jika sudah kering, lihat kembali apakah noda tersebut benar-benar sudah hilang atau belum. Jika ada noda yang tersisa, ulangi perawatan dengan sabun cuci piring dan cuci lagi dengan air panas tambahkan soda kue jika diperlukan.

Exit mobile version