BERBAGI
makanan sehat anak

Dalam rangka mencukupi kebutuhan gizi anak pada setiap jenjang usia, selain porsi makan, keragaman sumber makanannya juga penting untuk diperhatikan. Membiasakan anak untuk makan makanan yang sehat sejak kecil sangat baik dalam menunjang tumbuh kembangnya. Makanan sehat anak juga meminimalisasi risiko anak terserang penyakit ketika dewasa.

Jenis makanan sehat untuk anak sangat banyak dan bervariasi. Beberapa makanan sehat untuk anak ternyata ada disekitar kita dan sangat mudah untuk didapatakan, diantaranya sebagai berikut

1.Telur
Selain mudah didapatkan karena banyak dijual di toko-toko, telur megandung beragam nutrisi yang penting untuk perteumbuhan anak. Selain sebagai sumber protein yang baik, kuning telur mengandung kolin yang berfungsi untuk membantu perkembangan otak.

2.Kacang hijau
Nutrisi yang sangat lengkap dalam kacang hijau sangat penting bagi perkembangan otak anak. Kacang hijau memiliki kadar protein tinggi, karbohidrat kompleks, serta kandungan vitamin C. Kacang yang biasanya dimasak menjadi bubur ini juga mengandung asam folat, zat besi, potassium, tembaga, magnesium, mangan, fosfor, dan thiamin yang sangat diperlukan oleh tubuh.

3.Selai kacang
Biji-bijian seperti kacang merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan vitamin E serta antioksidan. Senyawa ini berfungsi untuk melindungi membran sel di otak dari radikal bebas. Karena rasanya yang disukai anak, selai kacang bisa dipadukan dengan berbagai jenis makanan sehat lain. Selai kacang yang baik adalah yang rendah kandungan gula juga natriumnya.

4.Sayuran bewarna
Sayuran yang memiliki warna menarik seperti tomat, wortel, bayam atau labu kuning merupakan jenis-jenis makanan yang kaya akan antioksidan. Sumber makanan yang ini turut berperan dalam membantu mempertahankan kekuatan serta kesehatan membran sel. Warna yang cerah dan segar menandakan kandungan antioksidan yang semakin tingi pula. Beberapa jenis dari sayuran dengan warna-warna menarik ini juga memiliki manfaat untuk mencegah kanker.

5.Susu dan yogurt
Produk yang berasal dari susu, seperti yogurt merupakan bahan makanan yang kaya akan protein, vitamin D serta vitamin B. Nutrisi tersebut memiliki peran penting dalam pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, serta enzim. Vitamin D sangat diperlukan dan dibutuhkan dalam tumbuh kemabng anak karena bermanfaat untuk memelihara siklus hidup sel juga fungsi saraf serta otot. Yogurt yang berbentuk semi padat akan lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Makanan yang sehat tidak selalu sulit untuk didapatkan. Lima jenis makanan terseut tentu bisa diperoleh dengan mudah dan sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Kebutuhan nutrisi anak penting untuk dipenuhi dengan baik. Demi menunjang pertumbuhan serta perkembangannya, aneka jenis makanan sehat anak yang bergizi sebaiknya selalu tersaji di menu hariannya.