sakit gigi

Gigi berlubang umumnya disebabkan oleh plak, yang merupakan zat lengket di dalam mulut. Plak terbentuk akibat adanya tumpukan kuman atau bakteri yang mengubah sisa-sisa makanan yang terselip di celah gigi menjadi asam. Asam pada plak ini kemudian merusak enamel pelindung gigi sehingga membuat gigi berlubang.

Gigi berlubang pada awalnya tidak terasa sakit. Rasa sakit umumnya baru timbul ketika lubang pada gigi semakin membesar, yang akhirnya mempengaruhi saraf, atau menyebabkan gigi patah. Ada beberapa bahan yang aman juga alami untuk mengatasi rasa sakit pada gigi berlubang, sebagai berikut.

1.Bawang putih
Bawang putih berfungsi sebagai anti bakteri yang sangat direkomendasikan untuk mengatasi gigi berlubang. Tak hanya itu, bawang putih juga mampu mengurangi rasa nyeri yang timbul akibat gigi berlubang serta membuat gusi juga gigi menjadi lebih sehat.

2.Kunyit
Kunyit mengandung banyak vitamin C yang memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi. Kunyit membantu menyehatkan gusi dan mencegah gigi dari infeksi bakteri. Caranya adalah dengan mencampurkan bubuk kunyit bersama sedikit minyak mustard, kemudian dioleskan sambil memijat gigi juga gusi. Tunggu selama 10 menit, lalu kumur-kumur.

3.Garam
Garam mengandung zat antiseptik serta antibakteri. Garam yang telah dilarutkan dengan air bisa digunakan sebagai obat kumur untuk mengurangi peradangan juga nyeri, mengatasi infeksi, dan mencegah perkembangan bakteri jahat di mulut. Ketika berkumur, fokuskan pada area dimana terdapat gigi berlubang.

licorice untuk gigi
licorice untuk gigi

4.Licorice
Sebuah study yang dipublikasikan pada American Chemical Society’s Journal of Natural Products, licorice atau yang dikenal dengan akar manis mengandung senyawa licoricidin dan licorisoflavan A, yang bersifat antibakteri, dan berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Licorice juga bisa mengurangi penumpukan plak pada gigi. Licorice bisa digunakan langsung batangnya yang lembut untuk sikat gigi.

5.Cengkeh
Memiliki sifat anti peradangan, analgesik, serta anti bakteri membuat bahan yang satu ini dikenal ampuh untuk mengatasi masalah gigi berlubang. Cengkeh juga mampu mengurangi rasa sakit yang timbul serta mencegah penyebaran gigi berlubang.