PAUD

Tahun ajaran baru sudah dimulai, tidak terasa si kecil mulai memasuki kelas PAUD untuk pertama kalinya. Usia balita ini merupakan periode emas bagi perkembangan anak. Untuk itu kita sebagai orang tua harus memberikan yang terbaik bagi sang buah hati. Pengalaman yang didapat oleh anak pada usia dini akan sangat memberikan dampak pada kehidupannya di masa depan. Di Paud mereka akan mulai belajar bagaimana cara untuk bersosialisasi dan mulai beinteraksi dengan usia sebayanya.

Untuk memenuhi makanannya, jangan biasakan si kecil untuk jajan sembarangan selama di sekolah. Lebih baik bawalah bekal sendiri dan ajari dia untuk mengkonsumsi makanan sehat yang seimbang. Pola makan yang sehat sangat penting diterapkan sejak dini. Dengan asupan gizi yang terpenuhi setiap hari, si kecil bisa tumbuh sehat dan ceria. Anak – anak mungkin bisa merasa lapar atau ingin mengemil setiap saat di sekolah. Tidak masalah! Ibu dapat membekali anak dengan camilan yang sehat dan segar dalam kotak makan siang (lunch box).

Lalu, apa saja menu sehat anak yang praktis dan cepat dibuat sebagai bekal makanan di sekolah?. Sajikan beberapa menu sehat berikut ini ya, Bun.

1. Omelet Sayuran
Cepat dibuat dan enak dimakan! Itulah sebabnya, banyak Ibu yang mungkin hobi menyajikan omelet sayuran untuk si kecil. Omelet sangat mudah dan cepat dibuat. Cara membuatnya mudah, yaitu telur ayam atau telur bebek dikocok lepas. Kemudian, tuang ke dalam wajan dengan sedikit minyak, lalu diorak – arik. Tambahkan sedikit garam dan lada.

Agar lebih sehat, tidak lupa tambahkan daun bawang dan bayam yang sudah dicincang halus ke dalam omelet. Angkat bila sudah matang.

2. Sandwich gandum
Dilengkapi karbohidrat kompleks, sandwich gandum akan menjaga energi anak tetap prima hingga jam sekolah usai. Gandum juga mengandung serat yang tinggi untuk melancarkan buang air besar dan menjaga agar anak merasa kenyang dalam waktu lama.

Cara membuat sandwich sangat mudah dan menghemat waktu. Roti gandum tawar disusun dengan isian irisan tomat, keju, beef, telur mata sapi, kemudian disiram saus tomat atau saus mayonaise. Tutup dengan lembaran roti gandum tawar lagi.

pizza sayuran

3. Pizza sayuran
Menu sehat lain yang tak akan bisa ditolak anak – anak adalah pizza. Tetapi, buatlah pizza dari bahan tepung gandum yang diberi topping sayuran dan daging. Topping lain sebagai alternatif seperti keju mozzarella atau selai buah – buahan dengan cita rasa manis yang unik.

5. Buah – buahan segar
Menu sehat lain yang bisa dijadikan camilan anak di sekolah adalah buah – buahan segar. Potonglah buah – buahan agar lebih mudah dinikmati dan tidak belepotan. Misalnya seperti: buah strawberry, blueberry, pisang, apel atau buah favorit si kecil.
Bila Ibu tidak ingin anak belepotan dan membuat kotor di pakaian si kecil, bisa juga menyajikan buah kering seperti kismis atau kacang sebagai camilan.

Pastikan saat merancang menu sehat anak, hiasi dan buatlah sekreatif mungkin. Jadi, anak – anak akan tertarik untuk mencoba dan memakannya.