kartu kredit hsbc

Banyak dari kita belum menggunakan kartu kredit sebagai produk finansial masa kini. Masih merasa menakutkan dan takut terjebak dalam jeratan hutang yang seringkali menjadi kisah kelam dari penggunaan kartu kredit. Padahal sebetulnya, kartu kredit jika digunakan dengan baik dan bijak justru akan sangat berguna dan membuat hidup menjadi semakin simpel dan mudah.

Lalu apasih kartu kredit itu ?. Kartu kredit sendiri merupakan sebuah alat pembayaran resmi yang diterbitkan oleh bank dan diberikan kepada nasabahnya, kartu ini memiliki sejumlah fasilitas dengan dibarengi sejumlah kebijakan dan juga aturan terkait hak dan kewajiban antara nasabah dan bank penerbit.

Kartu kredit memiliki limit yang berbeda – beda di dalamnya, tegantung dari kebijakan bank selaku penerbit dan kebutuhan nasabah saat proses pengajuan kartu kredit. Dengan memiliki kartu kredit, nasabah dapat menggunakannya untuk melakukan berbagai transaksi keuangan, apakah itu pembelanjaan ataupun tarik tunai di mesin ATM. Kartu kredit juga biasanya dibarengi dengan berbagai program menarik dan berbagai promosi dengan berbagai tenant.

kartu kredit

Dengan membawa kartu kredit, kita tidak perlu membawa uang cash dalam jumlah banyak. Kita tetap dapat berbelanja hanya dengan menggunakan kartu kredit. Selain itu, biasanya kita juga menikmati berbagai diskon dan cashback dari berbagai transaksi yang dilakukan. Manfaat tambahan ini jika dikumpulkan seringkali cukup lumayan jumlahnya. Poin – poin tersebut dapat ditukarkan dengan berbagai macam hal menarik.

Walaupun kartu kredit menawarkan berbagai kemudahan dan promosi, Jangan menggunakannya untuk sesuatu yang tidak memiliki manfaat dengan maksimal. Jika memungkinkan, susunlah daftar kebutuhan dan rencana keuangan setiap bulannya, patuhi dan jangan sampai keluar dari rencana tersebut. Jangan memuaskan nafsu konsumtif yang memang tidak pernah ada batasnya.

Dibutuhkan komitmen dan disiplin ketika memegang kartu kredit. Karena ketika gaya hidup berubah, ingatlah setiap uang yang dipakai harus kita bayar dikemudian hari. Jangan sampai kita lepas kendali dan terjerat ke dalam jurang utang dan gagal mengatasi problem keuangan. Kenali dan pilihlah kartu kredit yang paling tepat dengan kondisi keuangan yang kita miliki saat pengajuan kartu kredit. Gunakan kartu kredit dengan bijaksana dan bayar dengan tepat waktu semua tagihan agar tidak terjebak bunga utang yang bisa memberatkan.