empal gentong
empal gentong

Cirebon adalah Kota yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa dan termasuk salah satu kota besar terpenting di Jawa Barat. Sejarah kota ini terhitung panjang dari mulai masa Sunan Gunung Jati, masa kesultanan Cirebon hingga masa kini. Kebudayaan islam telah mengakar sejak dulu, dan membentuk sejarah kota ini. Hingga tidak heran jika kemudian saat ini kita masih bisa menemukan jejak – jejak istana kesultanan di kota Cirebon.

Kuliner Legendaris Cirebon

Selain tentang sejarahnya, jika berbicara tentang Cirebon, kita akan teringat pada salah satu jenis kulinernya yang legendaris yaitu Empal Gentong. Mungkin ada yang penasaran kenapa disebut empal gentong ?, hal ini tidak lepas dari cara memasak makanan berkuah ini yang memang menggunakan gentong.

Pada zaman dahulu masyarakat belum mengenal panci, dan karena itu memakai gentong sebagai media memasak. Bahkan sampai saat ini, Empal Gentong Cirebon yang original selalu menggunakan gentong tanah liat untuk menjajakannya. Aroma yang dihasilkan sangat khas, terlebih jika dimasak dengan menggunakan kayu bakar.

empal gentong cirebon
empal gentong cirebon

Empal Gentong sangat nikmat untuk disantap saat dalam keadaan panas – panas, kuah kuningnya tersebut mampu membuat segar di badan. Rasanya yang gurih dan sedap ditambah dengan irisan daging sapi terbaik yang empuk dan beberapa jeroan seperti babat, usus, limpa, dan paru membentuk harmoni yang susah dilupakan.

Empal gentong Cirebon, cocok dimakan bersama lontong atau bisa juga dengan nasi. Jika ingin sensasi yang lebih segar, kita bisa menambahkan sambal atau bubuk cabai. Ketika dalam perjalanan jauh, semangkuk Empal Gentong bisa menjadi altenatif makan siang sebelum melanjutkan perjalanan ke Jawa Tengah.

Untuk urusan harga, empal gentong terbilang masih cukup terjangkau. Biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 17.000 hingga Rp 35.000 tergantung dari restoran yang dipilih. Ada beberapa restoran empal gentong paling populer di Cirebon yakni Empal Gentong H.Apud, Empal Gentong Amarta dan juga Empal Gentong Mang Darma. Nah, jika berkunjung ke kota Cirebon, jangan lewatkan untuk menyicipi kuliner khasnya ini ya, pastinya dijamin ketagihan.