BERBAGI

Dunia Kpop kini makin berkembang dengan pesat. Tak hanya menjual ramoang yang enak dilihat dan juga penampilan tang keren, kemampuan bermusik para idol kini juga menjadi salah satu pertimbangan untuk mereka bisa bertahan di dunia hiburan Korea. Para idol ditantang untuk bisa menciptakan dan membawakan karya mereka sendiri. Hal ini diperlukan untuk menghadapi persaingan di tengah banyaknya bermunculan para idol baru. Dengan musik yang mereka ciptakan sendiri, diharapkan mereka dapat memperkenalkan ciri musik mereka masing – masing kepada para penikmat musik kpop.

Diantara anggota masing – masing group idola, pasti ada salah satu yang menjadi motor penggerak musik mereka. Biasanya mereka adalah Sang leader atau justru malah sang rapper. Mereka memiliki bakat yang luar biasa dalam menciptakan dan mengcompose lagu. Tak jarang hal ini menjadi daya tarik sendiri untuk para fans mereka.

Berikut adalah 5 artis yang sukses menjadi produser baik merupakan solo dan juga untuk grup mereka.

  1. G Dragon

gdragon-birthday1Wah…kemampuan si ganteng yang satu ini sepertinya tak perlu di ragukan. Pria yang akrab disapa GD ini sudah sukses menciptakan ratusan lagu. Besar di bawah naungan manajemen yang memang memberikan kebebasan untuk menggunakan karya nya sendiri di album, GD seakan tak akan melewatkan kesempatan itu. Hampir di semua album bigbang, ada campur tangan GD sebagai sang producer. Tak hanya sampai disitu, Album Solo GD,sama terkenalnya dengan album Bigbang. Bahkan GD sukses pula dalam menggelar konser solo. Tak diragukan, GD pun sudah bisa dibilang sebagai producer yang sukses. Bisa saya katakan disini, GD tak hanya bisa disebut sebagai Producer, tetapi mungkin bisa juga disebut sebagai konseptor. Karena dia selalu menampilkan sesuatu konsep yang berbeda dari yang lainnya. Baik untuk Bigbang ataupun untuk solonya. Kabarnya Leader Bigbang ini juga sudah punya hak cipta lhoooo….Wow….

  1. Yoong Junhyung

Junhyung-3Rapper tim Beast ini juga bisa dibilang sebagai the next producer. Kemampuannya menciptakan dan mengcompose lagu tak main – main. Bahkan Junhyung juga tahu karakter suara masing – masing anggotanya. Oleh karena itu setiap lagu ciptaan Junhyung yang dibawakan oleh Beast, terasa sangat pas dengan karakter suara mereka masing – masing. Junhyung sendiri juga sukses memproduseri album Beast yang berjudul ” hard to love, how to love” dan hampir semua lagu – lagu di album Beast adalah hasil karya dari laki – laki kelahiran tahun ’89 ini. Sebelumnya Junhyung juga telah merilis album solo yg berjudul flower. Tak hanya berhenti sampai disitu, kemampuan Junhyung dalam melakukan rap juga membuatnya banyak dilirik oleh penyanyi lain. Tak jarang mereka mengajak Junhyung melakukan featuring seperti artis Park Shinhye dan juga anggota JYJ Kim Jaejoong.

  1. Jung Yonghwa

Jung-Yong-Hwa-jung-yong-hwa-21416658-540-720Jika kita membicarakan tentang band populer Korea, tak layak rasanya jika kita tak membahas pentolan dari ban ternama Korea, CN Blue. Yup, leader dari band populer tsb, Jung Yonghwa juga bisa dibilang sebagai idol sekaligus komposer yang handal. Sebelum CN Blue berjaya di Korea, dirinya telah terlebih dahulu membuat CN Blue terkenal di negara Jepang. Salah satu album CN Blue yang berjudul Can’t Stop juga diproduseri oleh Yonghwa. Dialah yang memiliki andil besar dalam karya – karya yang ditampilkan oleh CN Blue. Tak heran jika memang Yonghwa ini menjadi anak kesayangan dari CEO FNC Ent. Mungkin karena bakat yang dimilki oleh pria kelahiran 89 ini. Lagi – lagi, pria ini juga sudah sukses menelurkan album solonya yang berjudul “ ONE FIN DAY ‘ pada bulan Januari lalu.

 

  1. Jun K

Jun-K-Alive-Concept-pictures-kim-junsu-2pm-25857028-630-420Satu lagi produser berbakat dari boy grup asal kora selatan. Kali ini yang akan dibahas adalah member tertua dari 2PM yaitu Jun K. Dari awal masuk ke JYP, Jun K memang sudah menunjuukkan bakatnya dalam menciptakan lagu. Dalam studio album 2PM yang berjudul “ GO CRAZY “ , Jun K mencoba untuk menunjukkan keahliannya sebagai produser bersama dengan sang CEO yaitu JYP. Dan hasilnya cukup lumayan bagus. JUN K juga sudah banyak menciptakan lagu – lagu yang digunakan dalam album 2pm. Dan jika kalian pahami betul, JUN K itu menyukai musik dengan alunan techo. Seperti lagu HOT, dan juga lagu duetnya dengan rekan setimnya di 2PM yang berjudul “ Superman” . JUN K sepertinya menikmati di saaat dirinya bisa meremix berbagai nada dan menggabungkannya menjadi sebuah lagu yang menarik. Tak hanya JUN K, rekan setimnya seperti Junho dan Taecyeon pun juga sudah piawai dalam membuat lagu. Bahkan Junho juga sempat membuatkan 1 lagu untuk Wooyoung di album solonya. Tak hanya pandai membuat lagu berbahasa Korea, Jun K juga fasih dalam membuat lagu berbahasa Jepang. Hal ini dibuktikan dalam 2 album solonya yang dirilis di Jepang dan mengalami kesuksesan.

  1. Bang Yongguk

20121130_eyecandy_bangyongguk-600x331

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa leader BAP yang satu ini juga memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menciptakan lagu. Di beberapa album BAP juga lagu yang terdapat di dalamnya tak terlepas dari campur tangan sang leader. Seperti lagu mereka yang berjudul BAD MAN. Lagu itu murni adalah ciptaannya. Leader yang terkenal pendiam dan selalu peduli dengan hak – hak manusia ini juga menjadi produser dalam album terbaru BAP yang baru saja dirilis 15 Nov kemarin. Sebenarnya Yongguk sudah banyak sekali menciptakan lagu, namun karena hampir kebanyakan lagu yang dia ciptakan memilki arti yang dalam dan sulit dimengerti, maka TS Ent tak memasukkan lagu ciptaan Bang Yongguk ke dalam album. Khawatir lagu tsb akan sulit dimengerti oleh para fans BAP. Hmm…tak seperti keempat artis di atas, kali ini Yongguk belum merilis album solo. Sepertinya patut ditunggu ya Babys……

 

Mungkin masih banyak lagi idol yang juga merangkap sebagai produser seperti Zico Block B dan juga artis yang lain. Yak, dalam persaingan industri musik yang keras, mereka memang dituntut untuk bisa menghasilkan karya yang beda dari yang lain. Jika mereka tak mau tersingkir dengan mudah. Sepertinya kelima artis di atas patut di acungi jempol karena mereka berani melangkah untuk bisa menjadi produser. Menjadi produser album bukanlah sesuatu yang mudah. Mereka mempertaruhkan nama baik di sana. Mungkin tak hanya keberanian dan juga bakat yang harus dimiliki untuk bisa menjadi seperti mereka. Tetapi juga kesempatan dan kepercayaan akan karya mereka agar mereka bisa menjadi produser music yang hebat. Saya percaya banyak di natara para member – member group yang berbakat. Hanya saja mereka mungkin masih perlu menunggu kesempatan datang ke mereka. So Cheer UP Guyys…………